Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kembali Guncang Mamasa, 2 Orang Pengungsi Pingsan

Kompas.com - 07/11/2018, 19:15 WIB
Robertus Belarminus

Editor

MAMASA, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 5,2 skala richter yang mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Rabu (7/11/2018), menyebabkan puluhan ribu pengungsi gempa panik dan berhamburan keluar ke tanah lapang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, terdapat 2 orang pengungsi yang pingsan akibat gempa tersebut.

Baca juga: Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 SR Guncang Mamasa

"Masyarakat yang sebelumnya sudah tinggal di lokasi pengungsian sebanyak 10.646 jiwa panik dan berhamburan keluar ke tanah lapang. Dilaporkan 2 orang pingsan karena kaget atas kejadian gempa tersebut," kata Sutopo, dalam siaran pers, Rabu.

Puluhan ribu warga itu sudah mengungsi akibat gempa 5,5 SR pada Selasa (6/11/2018) pukul 01.35 WIB. Masyarakat mengantisipasi gempa dengan mengungsi di tanah lapang karena saat gempa dirasakan keras selama 4 sampai 5 detik.

Sementara, gempa pada Rabu sore sekitar pukul 16.42 WIB ini juga terasa kuat sekitar 4 sampai 5 detik.

Baca juga: Mamasa Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Hingga saat ini, lanjut Sutopo, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. Gempa ini juga disebut tidak berpotensi tsunami.

BPBD Kabupaten Mamasa masih melakukan pendataan dampak gempa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com