Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Hijau di Pertigaan Jrakah Hanya Menyala 5 Detik, Ini Faktanya

Kompas.com - 17/10/2018, 09:12 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sempat mengalami eror, lampu lalu lintas atau traffic light (TL) di pertigaan Jrakah, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, sempat menjadi viral di media sosial pada bulan Agustus 2018 lalu. 

Pasalnya, lampu hijau di pertigaan tersebut hanya menyala selama 5 detik. Akibatnya, pertigaan Jrakah rawan kecelakaan karenna pengendara terpaksa mengerem mendadak saat melintas.

Kompas.com mencoba menelusuri penyebab TL lima detik di Semarang dan inilah faktanya.

1. Usia "traffic light" sudah uzur dan sering rusak

Lampu lalu lintas di pertigaan Jrakah, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah, mendadak ramai diperbincangkan setelah beredar video lampu lalu lintas berwarna hijau tersebut hanya menyala selama 5 detik.dok.Instagram Lampu lalu lintas di pertigaan Jrakah, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah, mendadak ramai diperbincangkan setelah beredar video lampu lalu lintas berwarna hijau tersebut hanya menyala selama 5 detik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M Khadik, menjelaskan kepada Kompas.com, tenang masalah TL yang viral di media sosial pada Sabtu (25/8/2018).

"TL itu usianya cukup tua dibangun sejak tahun 1980-an dan kondisinya cukup memprihatinkan walaupun kabel dan komponen sudah banyak yang diganti," ujar Khadik, Rabu (29/8/2018).

Salah satu akibat masalah teknis tersebut, lampu hijau di Jrakah sempat hanya menyala selama 5 detik.

Baca Juga: Viral, Video Lampu Lalu Lintas Hijau di Semarang Hanya 5 Detik

2. Setelah viral di media sosial, TL diperbaiki

Ilustrasi media sosialTHINKSTOCKS/IPOPBA Ilustrasi media sosial

Meski sudah diganti dan diperbaiki, TL tersebut terkadang mengalami masalah. Salah satunya, pada hari Sabtu (29/8/2018). 

"Terkadang memang masih ada kemungkinan untuk error. Begitu ada laporan kemarin, langsung kami perbaiki dan saat ini sudah normal kembali," tambahnya.

Kompas.com mencoba memastikan kondisi TL di Jrakah tersebut pada Rabu (29/10/2018) dan tampak lampu hijau sudah kembali menyala normal menyala selama 30 detik.

Sebelumnya, kerusakan TL di pertigaan Jrakah sempat viral di media sosial. Sejumlah video dari warganet menggambarkan kekacauan para pengendara yang hendak melaju tapi harus mendadak injak rem karena lampu hijau sudah berganti lampu merah.

Baca Juga: Viral 3 Oknum Polisi Naiki Bangkai Hiu Raksasa, Polda DIY Minta Maaf

3. TL akan segera diganti dengan yang baru

Ilustrasi macet.Autoevolution Ilustrasi macet.

Khadik menambahkan, untuk antisipasi, Dishub Semarang telah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transporasi Darat wilayah X untuk rencana penggantian TL tersebut.

Hal itu karena salah satu ruas jalan berstatus jalan nasional pantai utara.
"Rencana penggantian TL yang baru sudah koordinasi dengan BPTD X karena satu sisi Jalan Walisongo merupakan jalan nasional," katanya.

Baca Juga: Honda CRV Terjun ke Jurang 100 Meter di Magetan, 1 Orang Tewas

Sumber: KOMPAS.com (Nazar Nurdin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com