Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilpres 2019, Ini Pesan Sultan HB X untuk Sandiaga Uno

Kompas.com - 12/10/2018, 16:43 WIB
Wijaya Kusuma,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno bertemu dengan Sri Sultan HB X di Kraton Kilen Yogyakarta, Jumat (12/10/2018).

Pada pertemuan ini, Sandiaga mendapat pesan dari Sri Sultan HB X agar menjaga suasana menjelang Pilpres 2019 damai, sejuk dan rukun.

"Pertama menjaga agar pilpres ini tetap damai, sejuk dan rukun. Pilpres jangan sampai memecah belah," ujar Sandiaga setelah melakukan pertemuan dengan Sri Sultan HB X.

Baca juga: Hebohnya Emak-emak di Medan, Tak Mau Jalan meski Sandiaga Sudah Kibarkan Bendera Start

Sandiaga menuturkan, Sri Sultan berharap situasi damai dan sejuk yang sudah terjalin saat ini tetap dijaga. Jangan sampai, situasi damai ini berubah di penghujung Pilpres 2019.

"Dua calon di awal-awal Alhamdulillah cukup sejuk, bagaimana ini bisa dijaga. Jangan sampai di penghujung, begitu eskalasi kegiatan sosialisasi, kampanye di masyarakat semakin meruncing," tuturnya.

Sri Sultan HB X, lanjut Sandiaga, juga menyampaikan bahwa demokrasi tidak boleh merusak sendi-sendi kearifan bangsa Indonesia. Demokrasi hanyalah alat atau kendaraan untuk menuju kamakmuran bangsa dan menuju keadilan.

Baca juga: Anggota DPRD Diduga Pakai Mobil Dinas Saat Kampanye Sandiaga, Ini Tanggapan Gerindra

Sri Sultan HB X juga menyampaikan pandangannya mengenai bagaimana merajut tenun kebangsaan. Selain itu, bagimana bangsa ini tetap menjaga dan menjunjung tinggi semangat Bhineka Tunggal Ika.

"Keberagaman itu adalah aset bangsa sehingga kita harus terus memastikan jangan sampai terpecah belah," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga berkunjung ke Kraton Kilen pada Jumat (12/10/2018) pagi. Dia menemui Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com