Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan Petugas, Pencuri Uang Nasabah Ditembak Polisi

Kompas.com - 10/10/2018, 22:22 WIB
Amran Amir,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Tim Resmob Polda Sulawesi Selatan, menangkap IB (54), pelaku pencurian uang nasabah, yang sempat terekam kamera CCTV.

Penangkapan pelaku berawal dari laporan pencurian uang nasabah yang tertangkap kamera CCTV sehingga anggota melakukan penyelidikan di beberapa tempat.

Setelah polisi mendapat informasi, mereka mendatangi alamat tersebut dan mengamankan pelaku.

Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf mengatakan, saat ditangkap, pelaku melawan petugas, hingga akhirnya polisi menembak kakinya.

Baca juga: Residivis Pencurian Meninggal di Rumah Sakit Sehari Setelah Ditahan

”Pelaku dibawa ke Posko Resmob Polda Sulsel, namun saat dalam perjalanan pelaku berusaha melarikan diri dengan cara melawan petugas," ungkap Ardy, Rabu (10/10/2018). 

Ardy menjelaskan, anggota melakukan tembakan peringatan sebanyak 3 kali. Namun pelaku tidak mengindahkan sehingga petugas menembak betis pelaku.

"Pelaku kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bayangkara untuk dilakukan tindakan medis,” imbuhnya.

Dalam melakukan aksinya, pelaku ditemani 2 orang rekannya yang saat ini berstatus daftar pencarian orang (DPO) yakni AO dan SN.

“Berdasarkan keterangan pelaku, dirinya mengakui telah melakukan aksi pencurian dengan cara mengikuti korban bersama 2 rekannya yaitu AO dan SN dari rumahnya. Kemudian korban singgah di warung makan selanjutnya pelaku menghampiri motor korban dan mencongkel sadelnya dan berhasil mengambil uang sebanyak Rp 60 juta,” ucapnya.

Baca juga: Pria yang Tembak Istri di Tanjung Priok Residivis Narkoba

Sementara IB mengaku, saat mencuri uang ia ditemani 2 rekannya. Hasil dari aksi kejahatannya, IB hanya mendapat sebagian saja.

“Dari hasil pencurian sebanyak Rp 60 juta tersebut, saya hanya kebagian Rp 20 juta saja, sisanya pada kedua teman itu,” bebernya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari rumah pelaku yakni satu buah helm yang dipakai saat melakukan aksinya.

“Kami masih lakukan pendalaman, terkait penangkapan pelaku ini, dan masih mengejar kedua rekannya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com