Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Rapa'i dan Perkusi Internasional Digelar di Lhokseumawe

Kompas.com - 22/09/2018, 17:25 WIB
Masriadi ,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Kota Lhokseumawe akan menggelar Aceh International Rapa'i Festival (ACIRAF) ke-2 pada 3-7 November 2018.

Ratusan penabuh rapa'i dan sejumlah grup perkusi luar negeri akan memeriahkan salah satu dari 100 event Wonderful Indonesia 2018 di Stadion Tunas Bangsa, Kota Lhokseumawe.

Ketua Panitia Nazaruddin ZA mengatakan, pagelaran ACIRAF tahun ini mengusung konsep murni perkusi bernuansa Islami.

Baca juga: Menikmati Ikan Segar sembari Mendengar Deburan Ombak di Lhokseumawe

Sebanyak lima negara diundang menghadiri pagelaran seni tersebut, yakni Malaysia, Thailand, Uzbekistan, Mesir, dan Turki.

"Konsep yang kami usung berbeda dengan sebelumnya, yaitu penampilan rapa'i dan perkusi tradisi dari sejumlah negara tanpa kolaborasi alat musik moderen," kata Nazaruddin, Sabtu (22/9/2018).

Adapun peserta perkusi Indonesia yang ikut diundang adalah Sanggar Legaran Sati dari Sumatera Barat, Sanggar Alam Serang Dakko dari Sulawesi Selatan, Sanggar Gempar Lima, Gendang Panjang Bengkalis, Riau dan sejumlah sanggar lainnya.

Baca juga: 3 Pantai Paling Populer di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe

Pihaknya tengah mematangkan persiapan di lapangan, seperti persiapan tiga lokasi acara, yaitu di Stadion Tunas Bangsa, Lapangan Sudirman, dan Waduk Jeulikat.

"Selain pertunjukan seni, kami juga menggelar seminar budaya, kunjungan ke situs sejarah dan agenda pra-acara," ujarnya. 

Kementerian Pariwisata RI menujuk Kota Lhokseumawe menggelar ACIRAF karena dinilai mampu melestarian seni tabuh rapa'i sehingga akan menjadi agenda tetap kegiatan pariwisata Kota Lhokseumawe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com