Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Rombongan Wisatawan Masuk Jurang di Sukabumi

Kompas.com - 08/09/2018, 14:35 WIB
Budiyanto ,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Peristiwa sebuah bus masuk jurang di ruas Jalan Cibadak-Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali terjadi, Sabtu (8/9/2018).

Sebelumnya, pada Jumat (7/8/2018) malam, sebuah mikro bus masuk jurang dengan kedalaman 50 meter di Tanjakan Cisarakan, Jalan Raya Cibadak-Cikidang- Palabuhanratu, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Kali ini, kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di komplek Tanjakan Letter S, Bantarselang, Desa/Kecamatan Cikidang pada Sabtu siang, pukul 12.00 WIB. 

Informasi sementara yang dihimpun Kompas.com, bus itu mengangkut penumpang rombongan Catur Putra Grup (CPG) Bogor berjumlah 31 orang dengan dua awak bus.

Sebanyak 17 orang dilaporkan tewas. Baca: Bus Rombongan Wisatawan Masuk Jurang di Sukabumi, 17 Orang Tewas 

Rencananya, rombongan ini akan melaksanakan gathering perusahaan di operator arung jeram Bravo di Cikidang.

"Semuanya ada empat bus, tiga bus sudah duluan.," kata pengawal kendaraan dari Bravo, Dendi Kinong (45) kepada Kompas.com, di RSUD Palabuhanratu, Sabtu siang.

Dia mengatakan, bus yang mengalami kecelakaan ini merupakan bus rombongan terakhir yang bergerak dari arah Cibadak menuju Cikidang.

Baca juga: Bus Rombongan Guru Dari Jakarta Masuk Jurang di Palabuhanratu, 1 Tewas

"Pas belokan, bus masuk ke jurang sebelah kanan. Kedalaman sekitar 25 meter," lanjut dia.

Saat ini, puluhan penumpang bus yang mengalami kecelakaan itu dievakuasi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Palabuhanratu.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi, baik dari Polres Sukabumi maupun dari pihak rombongan wisatawan mengenai kondisi para korban.

Kompas TV Bus Masuk Jurang, 4 Pemudik Tewas dan 40 Orang Terluka


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com