Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Korban Gempa di Lombok, Prabowo Turut Berduka dan Janjikan Bantuan

Kompas.com - 06/09/2018, 05:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prabowo Subianto, bakal calon Presiden  Republik Indonesia, mengunjungi korban gempa di sejumlah desa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (5/9/2018).

Selain bertemu dan melihat langsung kondisi para korban di tenda pengungsia, Prabowo juga memberikan sejumlah bantuan. Di hadapan para pengungsi, Prabowo sempat menyampaikan rasa sedihnya dan mengajak para pengungsi untuk tabah.

Berikut fakta-fakta yang ditemukan Kompas.com saat Prabowo mengunjungi korban gempa di Lombok.

1. Prabowo turut berduka melihat kondisi pengungsi

Korban gempa menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo di Posko Pengungsian Dusun Karang Subagan, Desa Pemenang Barat, Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa (14/8). Menurut data BNPB jumlah korban gempa yang tercatat hingga Senin (13/8/2018) menyebabkan 436 orang meninggal dunia dengan korban luka-luka sebanyak 1.353 orang, sementara jumlah pengungsi tercatat 352.793 orang.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi Korban gempa menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo di Posko Pengungsian Dusun Karang Subagan, Desa Pemenang Barat, Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa (14/8). Menurut data BNPB jumlah korban gempa yang tercatat hingga Senin (13/8/2018) menyebabkan 436 orang meninggal dunia dengan korban luka-luka sebanyak 1.353 orang, sementara jumlah pengungsi tercatat 352.793 orang.

Prabowo menemui para korban gempa di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Prabowo pun mengaku sangat berduka atas musibah yang menimpa para pengungsi.

"Ya kita turut prihatin, turut bela sungkawa, dan kita akan berusaha untuk bergerak memberi bantuan,” kata Prabowo, Kamis (5/9/2018). 

Saat itu, Prabowo hadir bersama Titik Suharto dan para pengurus Partai Gerindra. Prabowo berencana akan memberikan sumbangan yang dibutuhkan para korban, khusunya di Lombok Barat dan sekitarnya.

Baca Juga: Prabowo Kunjungi Pengungsi Gempa Lombok

2. Prabowo masuk ke tenda pengungsian

Bakal calon presiden  sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).Reza Jurnaliston Bakal calon presiden sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).

Bakal calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, menyempatkan diri masuk ke tenda dan bertemu dengan salah satu korban yang lumpuh karena tertimpa bangunan saat gempa terjadi di Desa Guntur Macan.

Di dalam tenda, Prabowo sempat bercakap-cakap dan menyalami salah satu korban. Prabowo pun memintanya untuk tetap tabah.

Dilansir dari Antara, dalam kunjungannya, Prabowo akan memberikan bantuan tambahan agar meringankan beban para korban.

"Prabowo akan mengunjungi korban gempa Lombok dan akan memberikan bantuan tambahan," kata Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid di Jakarta, Rabu, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Di Pengungsian, Prabowo Minta Korban Gempa Lombok Tetap Tabah

3. Harapan warga terhadap Prabowo

Pengungsi membuat tenda darurat di lapangan Menggala, Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Rabu (8/8/2018). Berdasarkan data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 pada skala richter (SR) di Lombok bertambah menjadi 131 dari sebelumnya 105 orang.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengungsi membuat tenda darurat di lapangan Menggala, Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Rabu (8/8/2018). Berdasarkan data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 pada skala richter (SR) di Lombok bertambah menjadi 131 dari sebelumnya 105 orang.

Usai mengunjungi Desa Guntur Macan, Prabowo dan rombongan langsung mendatangi Desa Dopang.

Di desa tersebut, Prabowo menyempatkan diri untuk bersalaman dengan warga dan langsung bertolak ke Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com