Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Minta Ridwan Kamil Dahulukan Bidang Keagamaan dalam Program 100 Hari Kerja

Kompas.com - 05/09/2018, 16:48 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Oleh Soleh mengucapkan selamat atas pelantikan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.

Oleh mengatakan, sebagai partai pengusung pasangan ini, PKB akan berdampingan dan mengawal secara utuh program-program pemerintah di Jawa Barat.

"Kami pun berharap agar program Jabar Juara Lahir Batin betul-betul nyata dan dirasakan oleh warga Jabar," kata Oleh kepada Kompas.com melalui pesan tertulis, Rabu (5/9/2018).

Dia mengatakan, Fraksi PKB menargetkan program 100 hari kerja Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum adalah mendahulukan bidang keagamaan. Misalnya pengembangan pondok pesantren dan pemberdayaan ekonomi umat.

Baca juga: Cak Imin Dorong Ridwan Kamil dan Khofifah Masuk Tim Kampanye Jokowi-Maruf

"Kami minta untuk program 100 hari kerja, Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu Ruzhanul Ulum mendahulukan bidang kegamaan, dari pembuatan perda pondok pesantren dan keagamaan, pemberdayaan ekonomi umat, mengurangi kemiskinan hingga dan membangun kabupaten dan kota tertinggal," katanya.

"Kebahagian lahir batin masyarakat Jawa Barat harus terus diusahakan, melalui peningkatan program-program spritualitas. Jabar kahiji Jabar bagjsa Insya Allah wujud," ucap Oleh.

Sebelumnya, PKB menitipkan 9 program lahir batin kepada Ridwan Kamil saat partai ini menyatakan mengusung pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum.

Baca juga: PKB Ucapkan Selamat ke Ridwan-Uu dan Ingatkan 9 Agenda Lahir Batin

Berikut ini 9 poin Agenda Lahir Batin tersebut

1. Menggerakkan, menjaga dan menfasilitasi pembangunan dan pengembangan Pesantren, Masjid dan Tajug;

2. Menguatkan dan meningkatkan kesejahteran ekonomi umat Jabar, dengan menumbuhkan saudagar muslim melalui pemberian akses jejaring ekonomi dan pendampingan yang intensif;

3. Menjamin keberlangsungan pasar tradisional dengan sistem zonasi bagi ritel modern dan merevitalisasi pasar tradisional;

4. Mendorong percepatan kemandirian ekonomi desa dengan cara menggerakkan dan pengembangan Bumdesa dan desa wisata;

5. Menumbuh kembangkan entrepreneur muda desa dengan memprioritaskan wirausaha muda desa dan santri (start up baru);

6. Memberdayakan ekonomi kelompok perempuan dengan dukungan regulasi dan permodalan;

7. Memperhatikan dan menfasilitasi penyelenggaraan keberlangsungan Madarasah Diniyah dengan memperhatikan Guru ngaji dan majlis taklim;

8. Meningkatkan pendapatan Petani dan Nelayan dengan cara penciptaan skala ekonomi, melalui pengembangan program unggulan kawasan Pedesaan (cluster ekonomi).

Kompas TV Pelantikan ini tahap pertama dari total 17 pasang gubernur dan wagub yang terpilih pada Pilkada serentak Juni lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com