Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Lengkap Kasus Pemotor Tewas Ditabrak Pemilik Mercy di Solo

Kompas.com - 29/08/2018, 17:07 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Jajaran Polresta Surakarta menggelar rekonstruksi kasus kecelakaan yang mengakibatkan pemotor Honda Beat AD 5435 OH, Eko Prasetio (28), tewas di Jalan KS Tubun, Manahan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/8/2018).

Kematian korban diduga akibat ditabrak dari belakang oleh IA (40), pengemudi yang juga pemilik mobil sedan jenis Mercedez-Benz (Mercy) nomor polisi AD 888 QQ. IA merupakan warga Karanganyar, Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, rekonstruki kasus digelar dari awal hingga akhir terjadinya kecelakaan, dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Tersangka IA dan saksi-saksi turut dihadirkan dalam proses rekonstruksi. Sementara korban diperagakan oleh peran pengganti.

Ada empat titik lokasi dan 42 reka adegan diperagakan tersangka selama proses rekonstruksi. Berikut kronologi kejadian kasus kecelakaan yang merenggut nyawa korban, Eko Prasetio dalam rekonstruksi.

1. Korban dan tersangka cekcok di lampu lalu lintas Jalan RM Said

Mobil tersangka berhenti karena lampu lalu lintasSimpang Pemuda Teater depan Sasana Krida Warga Mangkubumen, tepatnya Jalan RM Said menyala. Di depan mobil tersangka, ada mobil toyota Avanza yang juga berhenti karena lampu merah menyala.

Baca juga: Ada 42 Adegan dalam Rekonstruksi Kasus Mercy Tabrak Pemotor hingga Tewas

Korban datang dari arah Pasar Nongko hendak mendahului dari kiri mobil tersangka. Kerena jalan sempit, akhirnya korban mundur berhenti di samping kanan mobil tersangka.

Korban mengetuk-ngetuk kaca jendela pintu depan mobil. Kemudian tersangka membuka jendela dan terjadi adu mulut.

Dua teman tersangka turun dari mobil. Salah satu teman tersangka memukul penutup helm korban. Korban belok ke kiri Jalan MT Haryono sambil mengacungkan jari tengahnya dan dikejar salah satu teman tersangka dengan cara berlari.

Tersangka dan temannya mengejar korban di jalan MT Haryono sampai di depan Che'es Resto. Sepeda motor korban masuk ke jalur lambat dan berpisah. Tersangka dan teman-tamannya menuju kediamannya di Jalan Menteri Supeno.

2. Korban membuntuti tersangka

Saat di Jalan Menteri Supeno tepat di utara Stadion Manahan, salah seorang teman tersangka melihat korban membelok ke kiri ke gerbang pintu masuk utara stadion.

Mobil tersangka terus melaju ke arah barat Jalan Menteri Supeno. Korban mengikuti mobil tersangka dari belakang. Mobil tersangka menepi di Jalan Menteri Supeno tepat di utara Aspol Polresta.

3. Korban menendang mobil tersangka

Ketika hendak menepi di Jalan Menteri Supeno dekat rumah tersangka, tiba-tiba korban datang dan menendang bemper belakang sisi kanan mobil tersangka. Setelah menendang mobil tersangka bagian belakang, korban pergi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com