Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah Musim Haji, Pedagang Pernik Haji di Kediri Kebanjiran Order

Kompas.com - 31/07/2018, 17:13 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Pedagang pernik haji di Kediri, Jawa Timur, mendapatkan berkah menyusul datangnya musim haji.

Peningkatan perdagangan melonjak berkali lipat meski pada sisi harga mengalami kenaikan yang diakibatkan oleh naiknya kurs dolar.

Maghfur, salah seorang pedagang perlengkapan dan oleh-oleh haji mengatakan, peningkatan jumlah pembeli itu mulai dirasakannya sejak sebulan terakhir dan peningkatannya cukup drastis.

"Pada hari biasa sehari paling cuma 20 pembeli yang datang, sekarang lebih dari 100 orang pembeli setiap harinya," ujar pemilik Toko Zaidan di Jalan Pamenang Kediri, Selasa (31/7/2018).

Pernik haji yang diburu pembeli adalah perlengkapan ibadah seperti baju ihram atau lembaran kain putih yang dikenakan saat berhaji maupun sajadah serta tasbihnya.

Baca juga: Penumpangnya Sering Tidak Bayar, Tukang Ojek Ini Bisa Naik Haji

Selain itu juga berupa kebutuhan oleh-oleh haji dalam bentuk makanan maupun barang. Jenis buah tangan ini bisa beraneka ragam bentuknya mulai dari kurma, air zam-zam, hingga cat kuku alami.

Peningkatan peningkatan selama sebulan ini, kata Maghfur, berkaitan dengan mulai masuknya pemberangkatan jemaah haji asal Kediri yang berangkat pada awal Agustus nanti.

Peningkatan penjualan tahun ini, kata dia, lebih tinggi dibanding penjualan tahun sebelumnya. Padahal, menurutnya, hampir semua harga barang mengalami kenaikan, terutama pada barang yang berbahan kain akibat imbas kenaikan dolar.

"Ini juga sudah diberi tahu distributor kalau harganya akan naik lagi," ungkapnya.

Banyak calon jemaah haji yang menggantungkan kebutuhan haji dari para pedagang itu. Apalagi, jumlah pedagang yang menggeluti usaha pernik haji ini juga tidak cukup banyak.

Oleh-oleh haji itu selain dijual secara eceran, ada juga dengan model paket. Untuk paket dibanderol mulai Rp 17.000 hingga Rp 25.000. Perbedaan harga tergantung jumlah macam isi dan kualitasnya.

Oleh-oleh haji itu selama ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Oleh-oleh ini dibagikan oleh setiap jemaah haji yang pulang dari tanah suci kepada tamu yang berkunjung.

Baca juga: Menabung di Bawah Tumpukan Baju, Miskat Si Pemulung Berangkat Haji

Rubiati (63), salah seorang calon jemaah haji asal Gampengrejo, mengaku menyediakan paket oleh-oleh hingga 500 paket untuk para tamunya.

"Isinya macam-macam. Ada juga sarung," ujar Rubiati yang akan berangkat haji bersama suaminya, Darmanto.

Sekadar diketahui, calon jemaah haji asal Kabupaten Kediri akan berangkat ke Tanah Suci pada 4 Agustus nanti. Mereka tergabung dalam kloter 45,55,56.

Kompas TV Simak laporan langsung Jurnalis KompasTV Ari Himawan berikut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com