Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buru Ular Sanca Raksasa di Mojokerto, Pawang Hanya Butuh Kain dan Karung

Kompas.com - 20/07/2018, 13:27 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Warga di Mojokerto terus berburu ular Sanca Kembang berukuran besar yang diduga bersembunyi di dalam sarangnya di Goa Unengan, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Pada perburuan Kamis (19/7/2018) malam, perburuan warga membuahkan hasil. Mereka kembali menemukan seekor ular Sanca Kembang yang bersembunyi di antara dahan pohon.

Penampakan tersebut bikin merinding warga yang berburu lantaran penampakan ular Sanca Kembang tersebut tepat pada Kamis Kliwon, (19/7/2018). Kemunculan ular itu pun ketika sore menjelang petang.

Sudarsono, Kepala Dusun Unengan menuturkan, warga telah berupaya menangkap ular tersebut. Saat akan menangkap ular itu mereka sempat terkendala sulitnya medan terjal. Warga akhirnya gagal menangkap ular.

"Tadi itu sudah ditangkap tapi lepas, lokasinya ada di pinggir jurang," ujarnya seperti dikutip dari Surya.co.id.

Baca juga: Butuh 10 Pria Dewasa untuk Berburu Ular Sanca di Mojokerto

Dia mengatakan ular Sanca Kembang ini terlihat bergelantungan di dahan pohon persis di samping Goa Unengan. Diduga ada sarang ular Sanca Kembang yang berada di dinding jurang.

"Rencananya malam ini mau berburu lagi tapi Kamis Kliwon pawang ularnya tidak berani berburu, enggak tahu kenapa alasannya," ungkapnya.

Suwarto pawang ular mengatakan penangkapan ular Sanca Kembang atau Phyton Reticulatus (tidak dilindungi) ini dilakukannya secara manual dengan tangan kosong.

Dia hanya mengenakan kain dan karung untuk menutup mata ular tersebut ketika akan menangkapnya.

"Kalau mau menangkapnya ya mata ular ditutup dipegang kepalanya dulu setelah itu bersamaan badannya diangkat," jelasnya.

Meresahkan warga

Sebelumnya, warga melakukan perburuan ular Sanca Kembang liar yang membuat resah kampungnya.

Perburuan tersebut melibatkan minimal 10 orang dewasa. Adapun alat untuk menangkap ular yaitu berupa tali tambang dan karung bekas.

Baca juga: Ular King Kobra Pematuk Rizky, Disimpan di Samping Tubuh Pemiliknya

Lokasi perburuan ini difokuskan di area persawahan, aliran sungai irigasi dan di kawasan Goa Unengan yang diduga kuat ada sarang ular Sanca Kembang. 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Ular Raksasa di Mojokerto Keluar pada Kamis Kliwon Malam ini, Cara Pawang Menangkap bikin Merinding, pada Jumat (20/7/2018)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com