Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekelompok Pemuda Deklarasikan Dukungan Anis-Muhaimin di Pilpres 2019

Kompas.com - 04/07/2018, 12:57 WIB
Reni Susanti

Editor

DEPOK, KOMPAS.com - Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Amin (Anies-Muhaimin) mendeklarasikan dukungannya pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar untuk maju di Pilpres 2019.

“Kita bergerak ingin ada perubahan," ujar Koordinator Relawan Anis-Muhaimin (Amin) Fazar abdillah, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/6/2018).

"Situasi saat ini kita butuh kepemimpin nasional yang berjiwa muda yang cepat beradaptasi dengan perubahan zaman begitu cepat dan kami nilai itu ada di sosok Bapak Anies dan Muhaimin Iskandar," tuturnya.

Ia menilai, Anies layak menjadi presiden karena beberapa hal. Pertama, Anies merupakan teknokrat yang memiliki khazanah pengetahun yang luas.

Baca juga: Kemenhub: Kapal Feri Lestari Maju Sengaja Dikandaskan, Bukan Tenggelam

Apalagi sebelum menjadi gubernur, ia sempat memimpin Universitas Paramadina. Bahkan saat menjabat menjadi Menteri Pendidikan, banyak inoviasi yang dilahirkan.

Begitupun dengan sosok Muhaimin. Ia menilai, Muhaimin sosok muda, representasi santri dan mengerti keadaan masyarakat tradisional.

"Kelayakan Anis-Muhaimin juga kami nilai merepresentasikan kalangan modernisme dan tradisionalisme yang bisa membangun kemajemukan atas heterogenismenya sosial kultur masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Dorongan dari arus bawah untuk pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Amin, sambung dia, akan digelorakan di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Ini awal dan kami akan terus dorong dari bawah untuk membantu pasangan Amin," paparnya.

Baca juga: Anies Disebut Gubernur Indonesia, Sandiaga Bilang Jangan Diartikan Politis

Mereka menilai, pasangan Amin berpeluang terpilih menjadi presiden dan wakil. Pasangan ini juga bisa menjadi pertimbangkan semua partai.

"Moga ini bisa menjadi pertimbangan semua partai itu harapan kita, karena tanpa dukungan partai keinginan kami tentunya sulit terwujud," paparnya.

Meski demikian, ia mengaku belum pernah bertemu Anies maupun Muhaimin. Pihaknya hanya mengikuti jejak kedua sosok tersebut. Deklarasi itu pun diklaimnya menggunakan biaya mandiri.

“Ini aspirasi atas kegelisahan kami dalam melihat situasi kebangsaan ini dan kami berbiaya mandiri juga,” pungkasnya.

Kompas TV PKS dan Partai Gerindra menghormati keinginan kelompok masyarakat koalisi umat madani yang mengajukan politisi PAN, Amien Rais sebagai calon presiden.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com