Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik dengan Pesawat Diprediksi Terjadi Hari Ini

Kompas.com - 20/06/2018, 16:48 WIB
Wijaya Kusuma,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyampaikan, puncak arus balik dengan pesawat terbang diprediksi terjadi pada tanggal 19-20 Juni 2018 atau Selasa kemarin dan hari ini.

"Arus balik kami perkirakan akan mencapai puncaknya mulai tadi malam tanggal 19 Juni dan hari ini 20 Juni. Mungkin besok pagi subuh-subuh, juga masih akan ada lonjakan untuk arus balik," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, usai melakukan pemantauan arus balik di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Rabu.

Puncak arus balik terjadi pada malam tanggal 19 dan 20 Juni 2018 karena merupakan hari terakhir libur Lebaran.

"Puncak arus balik terjadi tadi malam dan hari ini karena besok Kamis pagi sudah memasuki hari aktif kerja kembali," kata dia.

Baca juga: One Way di Tol Cipali hingga Tol Cikampek, Kemenhub Prioritaskan Arus Balik

Dia mengatakan, untuk penerbangan ada karakteristik yang berbeda di mudik Lebaran tahun ini. Puncak arus mudik terjadi pada H-6. 

"Ada karakteristik yang berbeda di Lebaran tahun ini, puncak arus mudik untuk penerbangan terjadi pada H-6. Karakteristik penerbangan, darat dan laut tentu berbeda," ujar dia.

Menurut Agus Santoso, dari hasil pengamatan dan pemantuan, secara umum pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 tidak mengalami kendala. Semua pelayanan penerbangan berjalan baik dan lancar.

"Semua dalam kondisi lancar. Kami dari Dirjen Perhubungan Udara mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang men-suport baik dari airline, airport, terutama kepada masyarakat yang cukup akomodatif terhadap aturan-aturan yang ada dalam penerbangan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com