Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#AkuBaca Sumbang Mobil Pustaka untuk Anak-anak Surabaya

Kompas.com - 28/05/2018, 18:49 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kompas Gramedia Grup menghibahkan 1 unit mobil pustaka keliling untuk dioperasikan di Kota Surabaya.

Hibah mobil dari program Corporate Social Responsibility (CSR) #AkuBaca itu dilengkapi 750 judul buku untuk anak-anak.

Mobil tersebut diserahkan secara simbolis kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini oleh Direktur Corporate Communications Kompas Gramedia, Rusdi Amral, Senin (28/5/2018).

Risma mengaku bersyukur mendapatkan bantuan mobil perpustakaan keliling, karena pihaknya juga sedang menumbuhkan minat baca anak-anak Surabaya.

Baca juga: Kolaborasi, Gibran, Kaesang dan Bobby Buka Kedai Rakyat di Medan

 

"Kita memang sedang menumbuhkan minat baca anak-anak Surabaya, jadi cocok sekali," kata Risma.

Pemkot Surabaya, menurut Risma, masih memiliki 5 unit mobil perpustakaan yang dioperasikan keliling kampung.

"Untuk taman bacaan masyarakat kita punya 1.400 titik. Jumlah itu menurut kami masih kurang, karena masih banyak lokasi yang belum tersentuh," jelasnya.

Sarana dan ruang membaca bagi anak-anak, tutur Risma, perlu diperbanyak.

Karena dengan membaca, seluruh panca indera anak akan bergerak, dan daya imajinasi anak akan terangsang keluar, berbeda dengan saat anak menonton film.

Direktur Corporate Communications Kompas Gramedia, Rusdi Amral mengatakan, mobil perpustakaan keliling yang dihibahkan kepada Pemkot Surabaya adalah bentuk nyata dalam program gerakan literasi yang diberi nama #AkuBaca.

Baca juga: Kampanyekan Literasi, Anggota Pramuka Ini Keliling Indonesia dengan Sepeda

Program tersebut selain menumbuhkan budaya literasi dan minat baca masyarakat melalui gerakan penyadaran, juga mendorong peningkatan akses masyarakat terhadap bacaan.

#AkuBaca punya program Buku Bergerak yang menggalang donasi buku dari publik untuk didonasikan ke taman bacaan masyarakat di berbagai daerah.

Selain itu, ada pula moda perpustakaan bergerak yang digulirkan #AkuBaca, di antaranya Troli Pustaka yang ada di Jakarta dan Motor Pustaka di Yogyakarta.

"Hingga Mei 2018, Buku Bergerak telah berkontribusi mendonasikan 133 paket buku ke 133 taman bacaan masyarakat di 28 provinsi dan 94 kabupaten/kota," tuturnya.

Mobil Pustaka #AkuBaca, dilengkapi dengan koleksi 743 buku.

Terdiri dari buku anak-anak seperti dongeng dan cerita rakyat Nusantara, panduan pelajaran, karya sastra, kewirausahaan, buku-buku petunjuk praktis, dan sebagainya.

“Kompas Gramedia ingin memadukan semangat bersama Surabaya yang terus tumbuh dan berkembang menjadi kota literasi. Untuk itu, kami bersyukur dan bangga bisa bersinergi bersama Pemerintah Kota Surabaya," pungkasnya. 

Kompas TV Komunitas Perkumpulan Literasi Sulawesi Utara bersama PT Pos Indonesia menggelar Ngabuburead di awal ramadan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com