Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Indonesia Akan Terkenal karena Kulinernya

Kompas.com - 04/05/2018, 22:59 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyebut, suatu hari nanti, Indonesia akan terkenal dengan kulinernya.

Karena menurut dia, tidak ada negara yang memiliki ragam kuliner sebanyak Indonesia.

"Lihat saja nanti, Indonesia akan terkenal karena kulinernya, karena kita kaya ragam kuliner," kata Risma saat membuka Musyawarah Nasional Perdana Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI) di Surabaya, Kamis (4/5/2018).

Karena itu, Risma berpesan kepada seluruh anggota PCPI, agar mengidentifikasi makanan, minuman, maupun jajanan atau makanan ringan.

Baca juga : Megawati: Saya Suka kalau Risma Marah-marah

 

"Buatlah catatan, sejarahnya, dan sebagainya, sehingga diketahui asal usulnya. Dan terakhir dan yang paling penting, jangan lupa dipatenkan," ungkap Risma.

Menurut Ketua Umum PCPI, Chef Bambang Nurianto, pihaknya memiliki tugas mulia, yakni memperkaya dan mempertahankan hazanah kuliner nusantara.

"Juga mengangkat warisan budaya kuliner agar mampu berkiprah di dunia internasional," tuturnya.

Tugas itu pada ujungnya, meningkatkan potensi sumber daya alam Indonesia, baik di bidang perikanan, kelautan, pertanian, perkebunan, serta hasil alam lainnya untuk menjadi komoditas olahan yang memiliki nilai tambah serta nilai jual tinggi.

Baca juga : Bahas Kota Layak Anak, Risma Undang Diskusi Wali Kota se-Asia Pasifik

Tugas penting lainnya, sambung Bambang, bukan hanya mengidentifikasi ragam kuliner di Indonesia, namun juga mensertifikasi profesi chef di Indonesia.

"Kami butuh sertifikasi untuk mengukur tingkat profesionalisme seorang chef," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com