Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Hilangnya 15 Peserta Lomba Lintas Alam di Samarinda

Kompas.com - 30/04/2018, 13:05 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara ,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 15 peserta lomba lintas alam di Samarinda hilang. Hingga kini, tim SAR masih melakukan pencarian. 

"Korban yang masih dalam Pencarian berjumlah 15 orang," ujar Komandan SAR Basarnas Kaltim-Kaltara, Oktavianto, Senin (30/4/2018).

Dalam laporan yang diterima Basarnas Kaltim-Kaltara, peserta Pramuka Lintas Alam (LLA) tersesat di Hutan Jalan Batu Cermin.

Oktavianto menjelaskan kronologi kejadian. Acara rencananya berlangsung 26-30 April 2018.

(Baca juga : Tersesat di Hutan,15 Peserta Lomba Lintas Alam Belum Ditemukan)

Kegiatan lintas alam sendiri dimulai Minggu (29/4/2018) pukul 07.30 diikuti 59 peserta se-Kaltim, terdiri dari 30 peserta putra, 29 peserta putri. Rencananya, para peserta akan menempuh perjalanan 20 kilometer melewati lima pos.

Perjalanan dimulai dari Gor 27 September Unmul menuju ke Jalan Perjuangan, Gang Amim dan tembus ke Perum Sempaja Lestari.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dari Simpang Wahid Hasim II menuju Jalan Batu Cermin. Seharusnya, perjalanan berakhir di Buper L2 Teluk Dalam, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Namun, di pos bayangan, panitia bernama Asriani menemukan 15 peserta yang tersesat. Saat itu, kelompok tersebut masih dapat melanjutkan perjalanan sesuai rute yang ditentukan panitia.

Pada pukul 16.00 Wita, ditemukan lagi sebanyak 7 peserta yang tersesat di tambang. Panitia langsung mengevakuasi peserta ke POS II Batu Cermin dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

(Baca juga : Dua Pendaki yang Tersesat di Gunung Salak Ditemukan Selamat )

Pukul 16.30 Wita, peserta sudah tidak ada yang melintas ke pos II. Akhirnya pos II menginformasikan ke pos bayangan dan pos III, namun belum didapat info lanjutan.

Kemudian 4 panitia di pos bayangan mencari ke Batu Cermin Dalam hingga Simpang menuju Ambalat.

Pukul 18.00 Wita, ditemukan lagi 1 peserta putri yang tersesat di tambang batubara, seputaran Berambai. Peserta kemudian diantar pegawai tambang menggunakan 5 sepeda motor ke pos II Batu Cermin dengan kondisi selamat.

Pukul 19.30 Wita, akhirnya seluruh pos menyatakan bahwa sebanyak 3 Sangga 15 peserta tersesat belum ditemukan.

Tepat pukul 23.30 wita, tim SAR mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) melakukan koordinasi penanganan dan pendataan. Adapun nama peserta yang masih dalam pencarian, yakni: 

Dari Gugus Depan Tunas Kelapa ( Putri )

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com