Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Depan Para Petani, Sandi Berseloroh Cabai Nomor 1, Gubernur Nomor 2

Kompas.com - 30/04/2018, 06:00 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, sempat berseloroh soal Pilkada Jawa Tengah di sela kunjungannya di sentra cabai di Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Sandi berucap, persoalan cabai nomor satu, sedangkan gubernur harus nomor dua.

"Kesejahteraan petani nomor satu, kalau gubernur harus nomor dua," ucapnya di hadapan para petani dan jajarannya, Minggu (29/4/2018).

Untuk diketahui, Pilkada Jawa Tengah 2018 diikuti dua pasangan calon (paslon). Paslon nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen, diusung PDI-P, PPP, Demokrat, dan NasDem.

Sedangkan paslon nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah, diusung Partai Gerindra, PKB, PKS, dan PAN.

(Baca juga : Masalah ?Stunting? Saat Debat Pilkada Jatim, Puti Mengaku Tidak Sebut Nama Anak Balita yang Dimaksud )

Saat diklarifikasi, orang nomor 2 di DKI Jakarta itu menampik jika ucapannya adalah ajakan atau kampanye supaya para petani memilih salah satu paslon.

Dia menyebut, kedatangannya ke lahan cabai Desa Girikulon murni kunjungan kerja untuk memantau stok dan ketersediaan cabai bagi warga Jakarta.

"Oh tidak (kampanye), khusus ke sini untuk memastikan ketahanan pangan saja. Nanti kunjungan berikutnya kota omong-omong masalah itu, (cabai) di Magelang ini khusus untuk DKI," jelasnya.

Dia menjelaskan, apa yang disampaikan bermakna bahwa kesejahteraan petani dan pedagang harus diutamakan.

(Baca juga : Berkenalan dengan Hansip Wanita, Penjaga Pilkada Jateng )

"Kesejahteraan petani harus nomor satu, kemakmuran pedagang juga nomor satu, dan yang penting masyarakat di Jakarta tidak terbebani. Nah nanti kita akan salaman dengan yang pakai baju, kalau kita penginnya kita ganti ini semauanya. Ya itu sudah jelas," paparnya.

Sementara itu, Sandiaga mendatangi langsung lahan pertanian cabai di Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, karena dia ingin memastikan pasokan cabai ke Jakarta aman menjelang puasa dan lebaran 1439H/2018.

"Kita ingin pastikan cabai ter-supply ke pasar induk Jakarta aman dan terjamin hingga lebaran besok," ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Magelang merupakan pemasok komoditas cabai terbesar ke ibu kota sejak dua tahun terakhir. Hal itu karena selain cabai berkualitas baik, tata niaga yang dijalankan petani dan pedagang juga baik. 

Kompas TV Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan pasokan daging sapi segar akan tersedia dan tidak naik harga menjelang bulan suci Ramadhan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com