Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga Arema FC Vs Persib Bandung Rusuh, Korban Luka Berjatuhan

Kompas.com - 15/04/2018, 23:02 WIB
Andi Hartik,
Bayu Galih

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Kerusuhan penonton yang terjadi pada laga Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (15/4/2018) malam, menimbulkan banyak korban luka.

Puluhan ambulans pun dikerahkan untuk mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat, usai pertandingan lanjutan dalam Liga 1 itu.

Media Officer Arema FC, Sudarmaji, menyampaikan permintaan maaf atas kericuhan yang menyebabkan banyak korban itu.

"Kami minta maaf yang pertama kepada Aremania. Meminta maaf atas jatuhnya banyak korban. Meminta maaf atas situasi yang tidak kita inginkan. Sekali lagi kami minta maaf," kata Sudarmaji dalam konferensi pers.

Hingga saat ini belum diketahui jumlah korban, termasuk kondisinya. Sudarmaji mengaku masih melakukan inventarisasi korban. Sementara itu, korban kebanyakan perempuan dan mengalami pingsan, muntah-muntah, dan terluka.

"Sejauh ini kami terus menginventarisasi. Kami akan segera update karena itu banyak korban mungkin yang melakukan penanganan sendiri nah itu diharapkan melapor ke kita," kata Sudarmaji.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Dengan pihak rumah sakit terdekat dan tim medis. Kami akan segera data," kata dia.

Kericuhan tersebut dipicu oleh kekecewaan suporter Arema FC kepada Wasit Handri Kristanto selaku pemimpin pertandingan. Puncaknya ketika laga mulai berakhir, yakni pada menit tambahan babak kedua.

Ratusan suporter yang berada di tribune ekonomi bagian timur menaiki pagar dan masuk ke lapangan. Sementara, wasit dan para pemain langsung diamankan untuk menghindari amukan suporter.

Suasana terus memanas. Suporter yang duduk di tribune bagian selatan juga ikut turun. Kemudian, suporter di tribune bagian utara ikut menyusul turun memenuhi lapangan hijau.

Aparat keamanan terlihat kewalahan menghalau para suporter yang berangsur memenuhi lapangan.

Pertandingan terpaksa dihentikan dengan kedudukan imbang 2-2. Gol untuk Arema FC dicetak oleh Thiago Furtuoso Dos Santos di menit ke-18 dan Balsa Bozovic di menit ke-86.

Sementara gol untuk Persib Bandung dicetak oleh Ezechiel Ndouasel pada menit ke-19 dan ke-77.

Kompas TV Sebanyak 65 suporter Persekabpas yang diduga provokator ditangkap polisi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com