Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Yasin Janjikan Insentif untuk Guru Agama di Jawa Tengah

Kompas.com - 30/03/2018, 23:16 WIB
Labib Zamani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimun Zubair atau Gus Yasin mengatakan, sebagai pasangan nasionalis-religius dirinya bersama calon gubernur Ganjar Pranowo akan memperhatikan kesejahteraan bagi guru agama di Jawa Tengah.

Menurut Gus Yasin, data yang diperoleh dari Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, ada sekitar 276.368 guru terdiri dari madrasah diniyah (madin), Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan pondok pesantren (ponpes).

"Kami sudah siapkan program insentif kepada para guru agama sebesar Rp 331 miliar per tahun. Supaya pendidikan di Jateng lebih meningkat," kata Gus Yasin dalam konsolidasi pemenangan Ganjar-Yasin DPC PPP se-Solo Raya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/3/2018).

Selain memberikan insentif kepada para guru agama, kata Gus Yasin, pihaknya akan memberikan beasiswa kepada santri penghafal Al Quran masing-masing Rp 1 juta. Program ini siap diberikan mulai untuk jenjang SD, SMP, Madrasah Aliyah (MA).

"Beasiswa kami berikan langsung kepada mereka. Tujuannya untuk mendorong para santri lebih bersemangat," tutur Gus Yasin.

(Baca juga: PDI-P Klaim Elektabilitas Ganjar-Yasin 62,3 Persen)

Gus Yasin mengatakan, pihaknya juga berjanji akan mengentaskan kemiskinan di Jateng. Upaya pengentasan kemiskinan tersebut dia lakukan dengan memperhatikan masalah kesehatan warga.

Apabila kesehatan warga Jawa Tengah terjamin, maka akan meningkatkan produktivitas pendidikannya. Sehingga, kesehatan penting bagi warga di Jawa Tengah.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengatakan, pasangan Ganjar-Gus Yasin berkomitmen untuk membangun pemerintahan di Jawa Tengah yang bersih dan melayani.

"Pemerintah yang bersih dan melayani menjadi fondasi yang paling kuat," kata Ganjar.

Kompas TV Taj Yasin merupakan calon wakil gubernur yang berduet dengan Ganjar Pranowo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com