Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Panjang, PT KAI Tambah Perjalanan Kereta

Kompas.com - 29/03/2018, 10:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 Bandung menambah dua rangkaian perjalanan kereta api untuk menyambut libur panjang akhir pekan ini.

Juru bicara PT KAI Joni Martinus mengatakan, satu rangkaian KA Lodaya akan beroperasi mulai hari ini, Kamis (29/3/2018). Kereta Api Lodaya tambahan ini akan berangkat dari Stasiun Bandung pada malam hari, yaitu pukul 20.20 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Solo Balapan.

“Ada satu KA Lodaya tambahan kami jalankan menjelang liburan long weekend ini, yaitu pada tanggal 29 Maret,” ujar Joni saat dihubungi wartawan via pesan singkat, Kamis (29/3/2018) pagi.

Menurut Joni, penambahan perjalanan ini berdasarkan tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api menjelang libur panjang. Dari pantauan penjualan tiket kereta api, kata Joni, sampai saat ini tingkat keterisian (okupansi) kereta-kereta ke arah timur cukup tinggi yaitu rata-rata sudah mencapai 100 persen.

“Okupansi pada tanggal 29 Maret rata-rata sudah 100 persen sehingga ditambahkan kereta Lodaya. Sampai saat ini tiket kereta Lodaya Tambahan tersebut masih banyak tersedia,” tambah Joni.

Baca juga : Libur Panjang Akhir Pekan, Ada 2 Kereta Tambahan ke Semarang

Selain itu, PT KAI juga menambah perjalanan kereta Argo Parahyangan ke arah Jakarta. Khusus hari Kamis (29/3/2018) dan Minggu (1/4/2018) ada 14 perjalanan KA Argo Parahyangan dari Bandung menuju Jakarta.

Joni menuturkan, KA Argo Parahyangan berangkat mulai pukul 04.15 WIB dan keberangkatan paling akhir adalah pukul 22.30 WIB. Sementara pada tanggal 30 dan 31 Maret keberangkatan paling akhir dari Bandung adalah pada pukul 20.50 WIB.

“Pemesanan tiket bisa dilakukan selama 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI,” terang Joni.

Untuk pemesanan di loket reservasi stasiun dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Khusus untuk pemesanan tiket melalui E-Kiosk (vending machine) di stasiun dilayani mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Baca juga : Tersambar Kereta Api, Manem Ditemukan Tewas di Sungai

Dalam hal pemesanan melalui KAI Access, menurut Joni, penumpang akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah fasilitas khusus E-Boarding yang tidak ada di channel lainnya. E- Boarding ini memudahkan penumpang untuk proses boarding di stasiun karena tidak perlu lagi mencetak tiket boarding pass.

“Penumpang cukup menunjukan e-boarding pada layar smartphone kepada petugas boarding yang kemudian akan discan dan akan muncul di layar komputer. Mereka cukup memperlihatkan identitasnya tanpa harus mencetak lagi tiket boarding pass,” jelas Joni. 

Kompas TV Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tiket kereta api yang habis terjual untuk masa mudik tahun ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com