Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Akhir Pekan, Ada 2 Kereta Tambahan ke Semarang

Kompas.com - 28/03/2018, 17:54 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Menyambut libur panjang akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan 2 kereta tambahan untuk menuju Semarang, Jawa Tengah.

KAI memprediksi, setidaknya ada peningkatan sekitar 10 persen atau 2.000 orang saat akhir pekan nanti.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Suprapto menerangkan, dua KA tambahan itu antara lain KA Tawang Jaya Premium dan KA Sembrani.

KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang-Pasar Senen akan dioperasikan pada Kamis-Minggu (29 Maret-1 April 2018). Sementara KA Sembrani relasi Surabaya -Gambir yang melintas di wilayah DAOP IV ditambahkan pada Minggu 1 April 2018.

"KA Tawang Jaya Premium kapasitasnya 800 tempat duduk per hari. KA Sembrani tambahan kapasitas 350 tempat duduk," ujar Suprapto, Rabu (28/3/2018).

Suprapto menambahkan, peningkatan jumlah penumpang mulai terlihat sejak hari ini.

Berdasarkan penjualan tiket hingga pukul 12.00 WIB, lonjakan kedatangan bakal terjadi sejak Kamis (29/3/2018) esok. Perjalanan dari Jakarta menuju Semarang atau Bandung menuju Semarang telah habis terjual.

Sementara itu, untuk keberangkatan dari Semarang menuju Jakarta atau Bandung penjualan tiket sudah mencapai 70 sampai 99 persen pada 28 Maret 2018 - 1 April 2018.

"Puncak jumlah penumpang yang naik di wilayah KAI Daop 4 Semarang saat liburan ini akan terjadi pada Hari Minggu," ujar Suprapto.

Pada akhir pekan ini, setidaknya 6 kereta reguler melayani penumpang dengan kapasitas 3.810 tempat duduk. Lalu 36 KA jarak menengah atau jauh yang melintas wilayah DAOP IV kapasitas 20.280 tempat duduk.

Selain itu, ada 14 KA lokal dengan kapasitas 7.592 tempat duduk per hari juga tersedia.

"Diperkirakan selama masa liburan wilayah Daop 4 Semarang akan terjadi lonjakan sebesar 10 pesen dibandingkan jumlah penumpang pada hari libur biasa," tambahnya.

Jumlah penumpang rata-rata di wilayah DAOP IV sekitar 20.000 penumpang per hari, namun untuk libur panjang jumlah penumpang diperkirakan mencapai sekitar 22.000 penumpang per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com