Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wariskan Mata Air, Bukan Air Mata kepada Anak Cucu"

Kompas.com - 22/03/2018, 15:31 WIB
Heru Dahnur ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Peringatan Hari Air Sedunia di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, diisi dengan penanaman pohon di sepanjang aliran Kolong Retensi Kacang Pedang.

Penaman pohon diikuti peserta gabungan instansi pemerintah daerah dan aktivis lingkungan hidup.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Noviar Ishak, mengatakan, penanaman pohon dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memperkuat struktur tanah di sepanjang kolong retensi.

“Banjir dan kekeringan terjadi di mana-mana. Untuk itu, lingkungan harus dijaga. Mari kita wariskan mata air kepada anak cucu, bukan air mata,” kata Noviar, Kamis (22/3/2018).

Noviar mengungkapkan, kawasan Kolong Retensi Kacang Pedang dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena berfungsi sebagai sumber air minum dan penampung debit air saat terjadi banjir.

Baca juga : Puluhan Rumah Hanyut Terseret Banjir Bandang di Mamuju

Saat ini, pemerintah daerah mengaku kesulitan mengembangkan infrastruktur pengairan karena alokasi anggaran yang kurang dari Rp 10 miliar.

Adapun pohon yang ditanam di antaranya dari jenis matoa dan angsana. Pohon-pohon yang telah ditanam selanjutnya akan diawasi petugas pertamanan kota agar bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga : Mengapa Banjir Bandang di Cicaheum Bandung Bisa Terjadi?

Melalui peringatan Hari Air Sedunia, imbauan disampaikan kepada masyarakat untuk ikut serta menggiatkan penanaman pohon di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Kompas TV Nelayan di Pantai Depok, Kabupaten Bantul terganggu dengan tumpukan sampah di dekat Muara Sungai Opak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com