Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Produksi Alkes di Sukabumi, Dedi Mulyadi Optimistis Bangun Banyak RS di Jabar

Kompas.com - 03/03/2018, 19:51 WIB
Irwan Nugraha,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, semakin optimistis mampu membangun lebih banyak rumah sakit rujukan setara RS Hasan Sadikin Bandung di beberapa daerah bekas karesidenan Jabar.

Hal itu ditunjang adanya salah satu sentra UMKM produksi alat kesehatan bertaraf internasional karya anak negeri di Kabupaten Sukabumi.

"Mereka ini putra-putri terbaik bangsa Indonesia di Jawa Barat ternyata mampu memproduksi alat kesehatan. Selama ini kan terkenalnya impor, kalau enggak impor enggak bergengsi. Budaya ini sangat jelas salah," jelas Dedi kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (3/3/2018).

Bahan utama untuk proses produksi alat kesehatan tersebut juga sebagian besar berasal dari dalam negeri. Komponen-komponen tersebut disusun menjadi rak obat dan tempat tidur untuk memeriksa pasien.

"Bayangkan saja kalau nanti Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan dana alat kesehatan itu berputar di Jawa Barat sendiri. Jadi, tidak keluar Jawa Barat. Caranya, produksi alat kesehatan di sini harus menjadi prioritas untuk digunakan," tambahnya.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Satu Dokter Satu Desa Atasi Masalah Kesehatan Warga Miskin

Pembelian alat kesehatan membutuhkan biaya tidak sedikit. Bahkan, anggaran ratusan miliar rupiah biasanya habis untuk pembelian tersebut. Karena itu, Dedi Mulyadi memandang industri alat kesehatan berbasis UMKM harus diperhatikan.

"Kalau bicara daya saing, dengan performa seperti ini saya kira sangat bersaing. UMKM itu tinggal meningkatkan kepercayaan diri. Sebab, secara kualifikasi mereka sebenarnya mampu," ujarnya.

Program kesehatan yang ditawarkan oleh Dedi Mulyadi untuk masyarakat Jawa Barat sudah lama dilontarkannya. Di antaranya, dia bertekad membangun lima rumah sakit setara RS Hasan Sadikin Bandung.

Ada pula program satu dokter satu desa yang menjadi prioritas jika dia terpilih dalam Pilgub Jawa Barat. Selain itu, dia fokus kepada warga miskin untuk mendapatkan pengobatan gratis.

Baca juga: Jika Terpilih, Dedi Mulyadi Siap Bangun Jalan Tol Selatan Bogor-Pangandaran

Kompas TV Ia disambut ratusan warga yang mengajak bersalaman dan berfoto.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com