Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Wakatobi Biayai Pemulangan Jenazah 2 Mahasiswa UNS Surakarta

Kompas.com - 27/02/2018, 09:20 WIB
Kiki Andi Pati,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), menanggung biaya pemulangan dua jenazah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kedua mahasiswa tersebut tenggelam saat melakukan snorkeling di Sombu Dive, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi, Senin (26/2/2018).

“Kita berusaha hari ini untuk dipulangkan. Karena salah satunya dari Medan dan Karang Anyer, artinya jauh dari Solo,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu.

Pemulangan dua jasad mahasiswa akan dilakukan hari ini, Selasa (27/2/2018), dengan menumpang pesawat Wigs Air. Hal itu dilakukan setelah Pemda Wakatobi berkomunikasi dengan keluarga korban.

(Baca juga : Dua Mahasiswa UNS Surakarta Tewas Saat Snorkeling di Wakatobi )

“Pemulangan jenazah korban hari ini. Tentu setelah ada keputusan dari keluarga, apakah diterima di Solo atau di mana. Paling tidak pemda bersama Balai Taman Nasional Wakatobi (BTNW),” jelasnya.

Ilyas mengaku sudah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan. Pesawat Wings Air rencananya terbang dari Wakatobi yang terkoneksi langsung dengan penerbangan di Solo.

“Kalau Garuda, harus bermalam lagi satu malam baru bisa diberangkatkan,” tukasnya.

Sebelumnya, dua dari sembilan mahasiswa UNS Surakarta meninggal setelah melakukan snorkeling di Sombu Dive tanpa didampingi pemadu (guide) selam. Saat itu, kondisi cuaca di peraiwan Wakatobi kurang bersahabat, gelombang tinggi, dan arus kencang.

Kompas TV Maumere memiliki pesona wisata bawah laut yang indah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com