Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Jumlah Pesepeda, Pemkot Surakarta Rangkul Komunitas Sepeda

Kompas.com - 26/02/2018, 16:06 WIB
Labib Zamani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan merangkul komunitas sepeda untuk meningkatkan jumlah pesepeda di Solo, Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan seiring dideklarasikannya Solo sebagai kota nyaman bersepeda. Deklarasi itu dilakukan oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo.

"Kami akan mengaktifkan dan mengakomodasi kegiatan komunitas sepeda yang ada di Solo. Cara ini untuk mendorong jumlah pesepeda yang ada di Solo," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Hari Prihatno di Solo, Jawa Tengah, Senin (26/2/2018).

Hari mengatakan, dalam waktu dekat Pemkot Surakarta akan memulai pembangunan jembatan layang (overpass) di perlintasan sebidang kereta api Manahan. Selama pembangunan itu diharapkan masyarakat ikut membantu mengurangi kepadatan jumlah kendaraan dengan memanfaatkan sepeda ontel sebagai alternatif transportasi.

"Mungkin dalam rangka pembangunan (overpass) Manahan, sepeda ontel ini perlu didorong untuk mengurangi kepadatan lalu lintas selama pembangunan," ujar dia.

Baca juga: Perbanyak Jalur Sepeda, Pemprov DKI Tunggu Usulan Komunitas

Kegiatan bersepeda ini, kata Hari, memiliki banyak manfaat. Komunitas ini bisa menjadi perpanjangan tangan Dinas Perhubungan dalam melakukan sosialisasi ketertiban dan keselamatan berlalu lintas.

Untuk mendukung program itu, pihaknya juga akan mengevaluasi rambu-rambu terkait jalur bersepeda. Sebab, beberapa jalur bersepeda di Solo berubah fungsi karena dijadikan sebagai tempat parkir.

Ketua Komunitas Sepeda Ontel Lawas Solo Didik Santosa mengatakan, masih ada beberapa jalur lambat di Solo yang belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan bagi para pesepeda. Sebab, jalur lambat tersebut digunakan sebagai lahan parkir.

"Terutama di Jalan Ir Sutami ke timur itu sebenarnya bagus. Tapi karena dipakai parkir, apalagi di kawasan UNS itu ada yang didirikan rumah permanen sehingga tidak bisa dimanfaatkan," ucap Didik.

Pihaknya meminta agar Pemkot Surakarta dapat memberikan akses bagi para pesepeda sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pesepeda di Solo.

Baca juga: Komunitas Sepeda Minta Sandiaga Kampanyekan Jakarta Sahabat Sepeda

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com