Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati dan Wakilnya Maju Pilkada, Magelang Dipimpin Penjabat Sementara

Kompas.com - 15/02/2018, 13:03 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kini dipimpin penjabat sementara (Pjs), Tavip Supriyanto (49). Tavip bertugas menjadi bupati selama Bupati Zaenal Arifin dan Wakil Bupati M Zaenal Arifin mengambil cuti kampanye Pilkada 2018.

Tavip ditunjuk dan dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu (14/2/2018), bersama tiga Pjs lainnya, yakni Kabupaten Karanganyar, Tegal, dan Temanggung.

Sebelum jadi Pjs, Tavip menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah. Dia akan mengemban tugas sampai masa cuti kampanye usai, pada 24 Juni 2018 mendatang.

Pada hari pertama kerja, Kamis (15/2/2018), Tavip memimpin apel di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Magelang. Apel diikuti seluruh pejabat eselon II,III, dan IV serta seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan daerah setempat.

(Baca juga : Duo Zaenal Head to Head di Pilkada Magelang

"Perkenankan kami memperkenalkan diri, saya Tavip Supriyanto dari Provinsi Jawa Tengah, yang akan mengisi kekosongan jabatan selama bupati dan wakil bupati Magelang cuti kampanye Pilkada," ujar Tavip, mengawali sambutannya.

Tavip melanjutkan, selama empat bulan ke depan, dirinya akan bekerja melanjutkan kinerja pemerintahan serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Dirinya tak segan meminta saran dan masukan demi peningkatan kinerjanya.

"Pelayanan terhadap masyarakat ini yang penting, sehingga harus tetap berjalan dan terus ditingkatkan. Prinsipnya pelayanan harus mudah, murah, dan cepat," ujarnya.

Dia tak lupa mengajak seluruh aparat sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Magelang untuk menjaga kondusifitas selama perhelatan Pilkada, mulai dari masa kampanye sampai pencoblosan Juni 2018 mendatang.

Tavip juga mengingatkan kepada jajaran ASN untuk menjaga netralitas serta tidak terlibat politik praktis mengingat pengawasan dari Bawaslu saat ini cukup ketat.

"Jangan sampai ASN tersangkut masalah terkait Pilkada," tegasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Magelang, Eko Triyono, menjelaskan dua pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten Magelang telah mengajukan cuti di luar tanggungan negara, karena maju menjadi peserta Pilkada Kabupaten Magelang.

“Karena bupati dan wakil bupati maju pada Pilkada ini, maka keduanya harus cuti. Untuk menjalankan roda pemerintahan maka dipimpin oleh seorang penjabat sementara Bupati," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com