Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Sehat, Seekor Elang Jatuh ke Atap Rumah dan Dievakuasi BKSDA

Kompas.com - 02/02/2018, 14:20 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Petugas dari gugus tugas Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar BKSDA Kalbar mengevakuasi seekor Elang Bondol (Haliastur indus) dari rumah warga di Jalan Alianyang, Gang Harapan Jaya, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (2/2/2018) siang.

Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Adirahmanta mengungkapkan, kondisi elang tersebut dalam keadaan kurang sehat saat dievakuasi oleh petugas.

Satwa jenis pemangsa itu merupakan penyerahan dari warga bernama Resty Chairunnisa Hariyanti. Berdasarkan keterangan Resty, elang tersebut mereka peroleh pada 31 Januari 2018 lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

"Burung elang tersebut terjatuh di atap rumahnya yang kemungkinan satwa tersebut telah dipelihara. Elang tersebut juga kemungkinan lepas dalam kondisi yang kurang sehat," ujar Sadtata, Jumat siang.

Baca juga : Gatot Mengaku Elang Piarannya Datang Sendiri ke Rumah

Saat dievakuasi petugas, elang tersebut ditempatkan di kandang sementara dan sudah mendapatkan perawatan dari dokter hewan.

"Setelah satwa tersebut dinyatakan sehat, segera akan dilakukan pelepasliaran ke habitatnya," ucap Sadtata.

Kompas TV Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menerima seekor buaya, seekor burung elang serta seekor kucing hutan dari warga setempat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com