Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Langka di Enggano sejak Feri Pulo Tello Naik Dok Sebulan Terakhir

Kompas.com - 29/01/2018, 10:47 WIB
Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Sales Executive Retail Pertamina Bengkulu Deni Nugrahanto menyebutkan, sejak kapal feri Pulo Tello naik dok untuk perawatan rutin, bahan bakar minyak (BBM) di Pulau Enggano mengalami kelangkaan.

"Sudah satu bulan BBM langka di Pulau Enggano karena kapal feri naik dok. Pertamina mengalami kesulitan dalam mengirim pasokan ke pulau terluar di Bengkulu itu," kata Deni, Senin (29/1/2018).

Menurut dia, ada dua kapal yang melayani transportasi laut ke Enggano, yakni feri Pulo Tello dan perintis. Namun, pengiriman BBM menggunakan kapal perintis cukup berisiko.

Baca juga: Polres Nias Ungkap Penyelundupan 1,5 Ton BBM dan Tuak Lokal

"Kebutuhan BBM di Enggano sekitar 40.000 kiloliter per bulan," ujar Deni.

Kelangkaan BBM di Pulau Enggano dibenarkan oleh Engga Zakaria Kauno, pemuda Enggano.

"Feri satu bulan servis naik dok akibatnya kelangkaan BBM terjadi. Banyak warga kesulitan mencari BBM untuk melaut dan berkebun," ucap Engga.

Untuk diketahui, Pulau Enggano merupakan pulau terluar di Provinsi Bengkulu. Diperlukan waktu 12 jam bila menempuh jalur laut menuju pulau itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com