Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tas dari Limbah Plastik Kreasi Gadis Tunawicara di Parepare

Kompas.com - 25/01/2018, 16:34 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com – Tidak mampu berbicara alias tunawicara tak menjadi penghalang untuk Hasna, warga Kelurahan Lomoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dalam berkreasi. Hasna adalah seorang perajin aneka tas cantik yang diolah dari limbah plastik.

“Ia memulai membuat aneka tas dari limbah plastik dua tahun lalu. Hasna belajar secara otodidak di internet atau di media sosial,“ kata Hasni, adik Hasna, saat mendampingi kakaknya di rumah mereka, Kamis (25/1/2018).

Menurut Hasni, Hasna membuat aneka tas dari limbah plastik juga karena sulitnya mencari pekerjaan di Kota Parepare yang memiliki semboyan “Peduli”. Saat menganggur, Hasna menonton acara di salah satu stasiun televisi nasional tentang cara membuat tas.

Kemudian, keluarganya memfasilitasi smartphone (ponsel pintar) agar Hasna bisa melihat cara membuat tas melalui internet.

Baca juga: Kisah Tunarungu Mengejar Kesetaraan

“Kurangnya lapangan pekerjaan yang membuat Hasna memutar otak untuk membuat eneka tas. Hasna belajar membuat tas dari internet. Aneka tas yang diproduksi oleh Hasna ini telah dipesan hingga ke luar Kota Parepare,” ujar Hasni.

Harga tas buatan Hasna itu bervariasi, mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 400.000. Bahkan, aneka tas buatannya juga kerap dipamerkan pada pameran yang digelar setahun sekali oleh pemerintah.

“Walau tidak tersentuh bantuan dari pemerintah, kerajinan tangan buatan tangan Hasna ini tetap jalan dan ramai,“ ucap Hasni.

Kompas TV Dalam Keterbatasan Kulampaui Batas - Jejak Kasus
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com