Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbong KA Argo Parahyangan yang Anjlok Kembali ke Jalur, KAI Akan Evaluasi

Kompas.com - 24/01/2018, 18:39 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung Joni Martinus mengatakan bahwa kereta anjlok sudah selesai diangkat dan kembali pada jalurnya. Kini tiga gerbong tersebut sudah kembali normal.

"Selesainya tadi sekira pukul 14.00 WIB, gerbong-gerbong yang anjlok di jalur 6 Stasiun Bandung telah selesai diangkat dan dinormalkan," kata Joni saat dihubungi, Rabu (24/1/2018).

Seperti diketahui, pada Rabu (24/1/2018) sekitar pukul 08.30 WIB, KA Argo Parahyangan anjlok dalam kecepatan rendah sekitar 40 meter sebelum memasuki peron jalur 6 Stasiun KA Bandung.

Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, 475 penumpang hanya berjalan kaki 40 meter dari lokasi anjlok ke Peron Stasiun Kota Bandung.

Atas gangguan perjalanan itu, pihak KAI Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang lantaran harus berjalan 40 meter ke peron dan tidak turun di tempat yang semestinya.

Baca juga: KA Argo Parahyangan Anjlok, Ratusan Penumpang Jalan Kaki 40 Meter

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna KA karena tadi penumpang berjumlah 475 orang tidak bisa turun di tempat seperti mestinya. Harusnya turun di peron, tapi sebelum di peron KA anjlok. Jadi mereka jalan kaki lebih kurang 40 meter ke peron," ujar Joni.

Joni mengatakan, pihaknya tak ingin kejadian ini terulang kembali. Untuk itu, pihaknya akan melakukan evaluasi dan berbenah untuk memberikan pelayanan maksimal bagi penumpang KA.

"Kami tak ingin peristiwa ini terjadi lagi. Kami akan berbenah diri untuk pelayanan penumpang, operasional, keselamatan, dan pembinaan di frontliner," jelasnya.

Menurut dia, tidak ada korban cedera ataupun luka-luka dalam peristiwa ini. Bahkan anjloknya KA Argo Parahyangan ini pun tidak mengganggu jadwal perjalanan KA lainnya.

Baca juga: KA Argo Parahyangan Anjlok di Kecepatan 5-10 Km Per Jam

 

"Kami akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan bagi masyarakat pengguna kereta api. Pada peristiwa ini alhamdulillah semua selamat dan tidak ada yang cedera," ucapnya.

Saat ditanya penyebab peristiwa ini, Joni belum bisa memastikan karena sampai saat ini masih dalam penyelidikan.

"Kami pastikan bahwa peristiwa yang mengakibatkan terjadinya gangguan operasional kereta api akan dievaluasi," tuturnya.

Berdasarkan pantauan sore ini, perjalanan kereta berjalan normal sesuai jadwal baik untuk kedatangan maupun keberangkatan dari Stasiun Bandung.

Kompas TV Kereta api anjlok sekitar 300 meter saat memasuki Stasiun Bandung. Para penumpang pun terpaksa berjalan kaki menuju stasiun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com