Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deterjen Jadi Limbah Berbahaya yang Mencemari Sungai Brantas

Kompas.com - 19/01/2018, 20:09 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Limbah domestik dan limbah industri masih menjadi penyebab utama terjadinya pencemaran air di sepanjang aliran Sungai Brantas. Oleh karenanya, air yang melintas di kawasan perkotaan dan kawasan industri kualitasnya akan menurun.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan. Menurut dia, salah satu limbah domestik yang cukup berbahaya adalah pemakaian deterjen. Selain itu, pemakaian pestisida juga berpengaruh besar terhadap pencemaran air.

"Pemakaian deterjen tentu saja menyebabkan air mengandung banyak sekali ikatan hidrokarbon. Pemakaian pestisida kita tahu bisa mematikan bila terakumulasi," kata Raymond, Jumat (19/1/2018) di Kota Malang.

Kendati demikian, Raymond menyebutkan bahwa kualitas air di sepanjang aliran Sungai Brantas stagnan dalam kurun waktu terakhir ini, yaitu tidak bertambah buruk dan tidak bertambah bagus.

"Kita bisa katakan kualitas air tidak menjadi lebih buruk belakangan ini," jelasnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan studi terhadap pencemaran air yang terjadi di sepanjangan aliran Sungai Brantas. Kajian itu untuk mengukur penyebab pencemaran itu terjadi.

Baca juga: 300 Kg Sampah Popok Bayi Diangkat dari Sungai Brantas

Pada tahun 2000, sebuah studi menyebutkan bahwa pencemaran yang disebabkan oleh limbah domestik sebesar 60 persen. Sisanya, sebesar 40 persen berasal dari limbah industri.

"Ada studi yang dilakukan sekitar tahun 2000 yang menyatakan bahwa 60 persen beban limbah yang masuk ke dalam sungai merupakan limbah domestik. 40 persen saja yang berasa dari industri, itu di bagian hulu Sungai Brantas," ujar Raymond.

Dalam studi nanti, pihaknya akan kembali mengukur persentase besaran limbah yang masuk ke sungai. Studi itu akan melibatkan akademisi dari perguruan tinggi.

"Kami Perum Jasa Tirta akan melakukan kajian ulang untuk mengetahui apakah beban limbah yang masuk ke sungai masih sebagian besar berasal dari rumah tangga atau sudah bergeser ke arah industri. Ini akan kami lakukan pada 2018 ini," ungkapnya.

Kompas TV Tim gabungan Datacemen Polisi Militer 3 Cirebon, Kodim 0620 dan Polres Cirebon bersama masyarakat, kembali menemukan 7 buah gudang penyimpanan limbah medis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com