Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ridwan Kamil Akan Tuntaskan Janji Kurangi Banjir dan Macet pada 2018

Kompas.com - 12/12/2017, 17:10 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kian mantap maju pada Pilkada Jawa Barat 2018. Di akhir masa jabatannya, Ridwan Kamil masih menunggak janji politik kepada warga Bandung.

Pria yang akrab disapa Emil itu menyebutkan, dari ratusan program yang ia janjikan, hanya persoalan banjir dan kemacetan yang masih belum terealisasi.

"Program saya masih ada satu tahun lagi. Tahun depan prioritasnya tinggal ngurangin banjir sama macet," kata Emil seusai menghadiri kegiatan renungan akhir tahun bersama PNS Kota Bandung di Masjid Al-Ukhwah, Jalan Wastukancana, Selasa (12/12/2017).

Emil mengatakan, sejumlah proyek terus dikebut untuk menyelesaikan persoalan banjir. Selain merevitalisasi drainase, Pemkot Bandung juga sedang membuat danau resapan di beberapa titik.

Sementara untuk program mengatasi kemacetan, Pemkot Bandung masih jalan di tempat lantaran dua proyek yang digagas, yaitu LRT dan cable car, belum ada riak kemajuan signifikan.

Baca juga: Soal Cawagub, Ridwan Kamil Sebut Dalam Politik Tidak Ada Istilah Mepet

Emil mengatakan, saat ini dua proyek itu masih dalam tahap menunggu persetujuan dari dewan.

"Groundbreaking suratnya masih berproses di DPRD itu. Iya masih menunggu surat persetujuan kerja samanya. Jadi uang sudah ada, teknologi sudah ada. Kalau itu beres, janji politik saya sebetulnya sudah terpenuhi," tuturnya.

Meski banyak proses yang mesti ditempuh, Emil optimistis dapat menuntaskan janji politiknya dengan sisa setahun anggaran.

"Tinggal LRT saja, itu yang saya janjikan kepada warga Bandung. Kalau groundbreaking (LRT dan cable car) sebelum September 2018 masih di rentang itu, berarti semua janji sudah saya penuhi," jelasnya.

Kompas TV Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, yang akan maju di pemilihan Gubernur Jawa Barat, memastikan tidak akan menerima bantuan dana apapun untuk kampanye pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com