Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Tutul Muncul di Probolinggo, Pengunjung Pun Asyik "Selfie"

Kompas.com - 05/12/2017, 15:59 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.comHiu tutul muncul di sepanjang perairan laut utara Probolinggo dalam dua hari terakhir.

Pemandangan hiu tersebut menjadi hiburan tambahan bagi wisatawan di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Para pengunjung pun asyik berfoto dengan hiu tersebut.

Hiu Tutul atau Rhincodon Typus yang muncul memiliki ukuran tubuh beragam, antara 3 hingga 8 meter dengan warna kulit cokelat kegelapan disertai bintik-bintik putih di sekujur tubuhnya.

Tak perlu jauh-jauh, cukup berlayar sekitar 15 menit menggunakan kapal tradisional dari pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, hiu tutul sudah bisa terlihat.

“Hiu tutul ini munculnya hanya setahun sekali, jumlahnya tak mesti. Saya bisa lihat secara langsung,” kata Diko, seorang wisatawan lokal, Selasa (5/12/2017).

Selain siklus tahunan yang sayang untuk dilewatkan, lanjut Risky, hiu tutul tersebut tergolong jinak sehingga cocok menjadi objek swafoto.

“Jadi sebelum snorkeling, kami foto hiu dulu. Toh hiunya tidak buas. Saya ketemu delapan ekor. Aman kok,” ungkapnya.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti berapa ekor hiu tutul yang berkeliaran. Dugaan awal, mamalia ini berkoloni meninggalkan habitat aslinya di perairan Australia untuk mencari makanan jenis plankton yang mulai langka akibat cuaca ekstrem di laut lepas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com