Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Angin Kencang Landa Pontianak

Kompas.com - 04/12/2017, 13:23 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis


PONTIANAK, KOMPAS.com - Angin kencang melanda wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya, Senin (4/12/2017) sekitar pukul 11.30 WIB. Angin yang disertai hujan dengan intensitas sedang ini menyapu hampir seluruh wilayah kota berdurasi sekitar 30 menit.

Sejumlah pohon dilaporkan tumbang dalam peristiwa tersebut, di antaranya di Jalan M Yamin, Jalan Adisucipto, Jalan Ampera, dan Parit Mayor. Selain itu, atap area parkir di kompleks sebuah hotel juga dilaporkan ambruk akibat disapu angin.

Prakirawan BMKG Kalimantan Barat, Abraham Maulida, mengatakan, beberapa kabupaten dan kota di Kalbar berpotensi mengalami cuaca ekstrem, seperti terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai kilat atau guntur petir dan angin kencang itu.

Hal tersebut diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Kota Pontianak dan Singkawang, serta Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara, Mempawah, dan Bengkayang. Peristiwa ini diperkirakan akan meluas ke Kabupaten Ketapang dan Sambas.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga sore nanti," ujar Abraham, Senin (4/12/2017) siang.

Hingga berita ini ditulis, petugas di BPBD Kota Pontianak masih mendata kerusakan yang ditimbulkan akibat peristiwa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com