KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Ini Pesan Ganjar untuk Transmigran Jateng ke Kaltara

Kompas.com - 28/11/2017, 19:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali mengirimkan ratusan warganya mengikuti program transmigrasi. Kali ini, sebanyak 375 penduduk Jateng akan bertransmigrasi ke Sepunggur, Kabupaten Bulungan Provinsi, Kalimantan Utara (Kaltara).

Rencananya, ratusan transmigran asal Jateng itu berangkat pada Rabu (29/11/2017). Gubernur Jateng Ganjar Pranowo secara resmi melepas keberangkatan warganya itu.

Dalam acara pelepasan tersebut, Ganjar berpesan kepada seluruh calon transmigran untuk yakin. "Sing penting yakin, atine seneng lan semangat. Pesti bakal berhasil (yang penting yakin, dijalani dengan bahagia dan semangat. Pasti akan berhasil)," kata Ganjar di gedung Transito Jateng, Selasa (28/11/2017).

Ganjar menceritakan, sudah banyak transmigran asal Jateng yang sukses di lokasi transmigrasi. Mereka ada di Lampung, Bengkulu dan daerah lain.

"Bahkan ada yang jadi pejabat, jadi bupati, anggota DPRD, PNS dan jadi pengusaha sukses. Njenengan juga pasti bisa seperti mereka, asal kerja keras," imbuhnya.

Selain itu, Ganjar juga berpesan kepada para transmigran asal Jateng untuk tetap nguri-nguri budaya Jawa. Mereka juga diminta rukun serta menjaga persaudaraan. "Saya doakan semua sukses. Nanti kalau ada kesempatan akan saya kunjungi," pungkas Ganjar.

Pelatihan

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang mengatakan,  program transmigrasi ini diikuti 100 kepala keluarga. "Terdiri dari 375 jiwa dengan rincian dewasa 244, remaja dan anak 48 jiwa serta balita sebanyak 83 jiwa," ucapnya.

Para calon transmigran tersebut lanjut Wika juga sudah menjalani program pelatihan di Yogyakarta. Mereka sudah dilatih tentang semua hal termasuk mengolah lahan pertanian, pengetahuan kondisi di lapangan dan lain sebagainya.

"Kami juga sudah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengirimkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan membantu masyarakat di sana," pungkasnya. (KONTRIBUTOR JAWA TENGAH/ANDIKA PRABOWO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com