Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Lombok Kembali Dibuka pada Pagi Ini

Kompas.com - 27/11/2017, 06:51 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, kembali dibuka setelah sebelumnya sempat ditutup akibat peningkatan aktivitas Gunung Agung di Karangasem, Bali.

"Lombok International Airport sejak pagi ini pukul 06.00 Wita sudah mulai aktif untuk melaksanakan penerbangan yang rencananya hari ini ada 104 pergerakan," ujar GM Angkasa Pura I, Lombok International Airport, I Gusti Ngurah Ardita, Senin (27/11/2017).

Ardita mengatakan, Bandara Lombok sempat ditutup mulai Minggu (26/11/2017) pukul 17.55 Wita setelah diterbitkannya Notam, dengan pertimbangan dampak semburan debu vulkanik Gunung Agung yang dikhawatirkan mengganggu aktivitas penerbangan.

Pihaknya bersama BMKG dan tim Lombok International Airport juga telah melakukan monitoring tiap jam, dengan melakukan paper test dan pengamatan satelit yang diterbitkan oleh BMKG.

"Pada puncaknya tadi pukul 05.00 pagi tadi, kami dengan tim seluruh komunitas bandara telah melakukan rapat evaluasi terhadap kondisi dan kami lakukan monitor dari laporan yang ada di Bali dan diputuskan bahwa bandara dibuka kembali," kata Ardita.

Baca juga: Pasca-kenaikan Status Gunung Agung, Radius Zona Bahaya Diperluas

Dia menambahkan, sebelumnya debu vulkanik akibat meningkatnya aktivitas Gunung Agung sempat mengarah ke Pulau Lombok. Namun, karena ini adalah bencana alam dan ditentukan oleh arah angin, pihaknya akan terus melakukan pantauan secara rutin.

Kompas TV Menurut Kepala Bidang Mitigasi PVMBG, I Gede Suantika hingga saat ini aktivitasi Gunung Agung masih sangat tinggi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com