Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Freeport di Portsite Pomako Terbakar

Kompas.com - 16/11/2017, 20:57 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com - Gudang 2 di Conveyor 8 BC 10 area Dewatering Plant (DWP) Freeport Indonesia, yang merupakan lokasi penyimpanan konsentrat di wilayah Portsite Pomako, Kabupaten Mimika, Papua, ludes dilahap si jago merah, Kamis (16/11/2017).

Peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.25 WIT itu diduga akibat korsleting atau hubungan pendek arus listrik dari dalam gudang itu. Api juga dengan cepat bisa dipadamkan.

“Benar adanya kebakaran di area DWP Portsite Gudang 2, tepatnya di Conveyor 8 BC 10 Porstsite (lokasi pelabuhan untuk mengirim konsentrat ke dalam kapal),” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal, Kamis malam.

Kamal mengatakan, sampai saat ini Polres Mimika masih melakukan penyelidikan guna mengungkap penyebab insiden kebakaran aset milik Freeport itu.

“Diduga api berasal dari refrigrator yang berisi taflon. Melihat api membesar, tim ERG Portsite dengan cepat memadamkan api, yang diperkirakan hanya membutuhkan waktu 25 menit,” kata dia.

Kamal menambahkan, kini tim Safety DWP dan ERG serta anggota Polres Mimika telah mengisolasi daerah tersebut dengan memasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama tak memberikan komentar ketika ditelepon dan dikirimi SMS melalui telepon selulernya.

Baca juga : Freeport Dukung Budidaya Ikan Nila Lokal di Papua

Kompas TV Jika cara persuasif menemui jalan buntu, polri akan bertindak dengan meminimalisir adanya korban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com