Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjaga Makam Cut Meutia Dapat Motor Trail dari Kapolres Aceh Utara

Kompas.com - 16/11/2017, 19:52 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji memberikan satu unit sepeda motor jenis trail RX King kepada Mudawali, selaku penjaga makam pahlawan nasional Cut Meutia, di Mapolres Aceh Utara, Kamis (16/11/2017).

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Untung meresmikan kelompok yang menjaga dan merawat makam itu.

“Saya sudah naik ke pengunungan itu, medannya sungguh parah. Butuh kendaraan jenis trail bagi penjaga makam ini. Selama ini, Mudawali naik motor butut untuk membersihkan makam, ini kendaraan agar memudahkannya menjaga dan merawat makam pahlawan nasional kita itu,” kata AKBP Untung.

Dia menyebutkan, selain itu, dia membentuk kelompok yang diberi nama kelompok 17 yang bertugas menjaga dan merawat makam pahlawan itu. Lebih jauh, tugas kelompok itu yakni menjaga kawasan hutan agar tetap rimbun dan tidak dicuri oleh para penjarah hutan.

“Kelompok ini jumlahnya 17 orang, tugasnya merawat makam, menjaga kelestarian hutan agar pohon-pohon itu tidak ditebang oleh para pencuri kayu,” kata Kapolres.

Dia meminta 17 anggota kelompok itu melaporkan ke polisi jika melihat aksi perambahan hutan di kawasan makam tersebut.

“Saya mau kawasan makam itu benar-benar dirawat dengan baik. Harus selalu bersih. Itu bentuk perhatian kita pada pahlawan yang berjuang untuk bangsa dan negara ini,” harap Kapolres.

Baca juga : BKSDA Identifikasi Bangkai Gajah di Aceh Timur

Sementara itu, Mudawali terlihat senang menerima sepeda motor itu. Dia menyatakan selama ini bertugas menjaga makam dengan menggunakan sepeda motor bebek.

“Sering kali saya harus jalan kaki untuk pergi ke makam. Kalau hujan kan berlumpur, sepeda motor jenis bebek punya saya tak sanggup naik ke gunung menuju makam,” tutur Mudawali.

Kompas TV Demi membangun rumah untuk warga miskin, di Pedalaman Bireuen, Aceh, seorang anggota polisi, rela menjual motor trail kesayangannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com