Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPP Sebut Uu Lebih Pantas Dampingi Ridwan Kamil daripada Daniel Muttaqien

Kompas.com - 10/11/2017, 15:20 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy menghargai harapan DPP Partai Golkar menyandingkan bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan salah satu kader partai pohon beringin tersebut, Daniel Muttaqien.

Meski hanya memiliki 9 kursi di DPRD Jawa Barat jauh di bawah Partai Golkar dengan 17 kursi, PPP masih bersikukuh untuk mendorong kadernya, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sebagai pendamping Ridwan Kamil.

"Kami tentu menghormati apa yang telah diputuskan Golkar kemarin. Tapi tentu kita juga mengikuti secara seksama PPP telah menyerahkan rekomendasi dengan wakil Kang Emil berasal dari PPP," kata Romahurmuziy saat ditemui di kampus UIN Sunan Gunung Djati, Cibiru, Kota Bandung, Jumat (10/11/2017).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Rommy ini menambahkan, Uu Ruzhanul Ulum lebih tepat menjadi pendamping Ridwan Kamil ketimbang Daniel Muttaqien yang konon meski belum teruji oleh Partai Golkar digadang-gadang bisa meraup dukungan maksimal untuk Ridwan Kamil di wilayah utara Jawa Barat.

"Pak Uu merupakan representasi golongan santri. Ini sangat penting karena ke depan kombinasi antara generasi muda milenial dan generasi muda santri ini adalah yang melengkapi warna rakyat Jawa Barat. Sehingga ke depan sebenarnya akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan dukungan," ujarnya.

Baca juga : PPP Sambut Baik Masuknya Dukungan Partai Golkar untuk Ridwan Kamil

Selain itu, Rommy mengatakan bahwa sebelum masuknya Partai Golkar ke koalisi, PKB, PPP dan Nasdem telah sepakat bahwa kebutuhan utama Ridwan Kamil adalah sosok dari kalangan santri.

"Dari awal koalisi yang terbentuk yaitu PKB, Nasdem, PPP lebih cenderung untuk memasangkan santri sebagai pasangan cawagub Kang Emil. Kemarin juga sudah saya sampaikan kepada Surya Paloh dan dia setuju," katanya.

Menyinggung sisi elektabilitas, Rommy mengatakan Uu Ruzhanul Ulum dalam berbagai survei memiliki elektabilitas di atas Daniel Muttaqien dan beberapa nama tokoh yang disebut-sebut layak sebagai calon wakil gubernur. 

"Dulu kita mengajukan antara Kang Asep Mousul dan Pak Uu, keduanya bekerja. Kita menilai berdasarkan survein Kang Uu menempati survei tertinggi bukan hanya sesama santri tapi di antara seluruh calon wakil yang beredar, jadi kita objektif saja," katanya.

Baca juga : Survei Daniel Muttaqien Rendah, PPP Ingin Figur Lain Dampingi Ridwan Kamil

Kompas TV Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto Hari ini (9/11) menyerahkan surat keputusan dukungan pada Ridwan Kamil sebagai Cagub Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com