Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Purbalingga Temukan Piton Sepanjang 3 Meter dan Belasan Telurnya

Kompas.com - 01/11/2017, 21:48 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com – Seekor ular sanca kembang (Python reticulatus) menggegerkan warga Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah Selasa (31/10/2017). Ular dengan panjang hampir 3 meter dan berat lebih dari 10 kilogram itu ditemukan di sebuah kebun dekat tepi sungai di wilayah RT 2 RW 6.

Ketua RW 06, Sahlan mengatakan, saat ditemukan, posisi ular berada di bawah rimbunan pohon bambu. Setelah terjadi banjir beberapa waktu lalu, pohon bambu tersebut roboh hingga akarnya terangkat, dan membuat liang rumah hewan melata itu terbuka.

“Waktu ditemukan sedang ramai anak kecil karena pas jam pulang sekolah, jadi warga memutuskan untuk menangkap dan diamankan,” katanya, Rabu (1/11/2017).

Saat ditangkap, lanjut Sahlan, sanca tersebut sangat agresif karena diketahui tengah mengerami belasan telur di dalam liang. Setelah ditangkap, ular tersebut oleh warga diberikan kepada orang yang biasa mengoleksi reptil.

Baca juga : Gigit Penangkapnya, Piton Sepanjang 7 Meter Digoreng Warga

“Ada sekitar 11 butir, akhirnya untuk mainan anak-anak telurnya, dan ularnya diberikan kepada orang,” ujarnya.

Sahlan menyebutkan, penemuan ular yang termasuk berukuran besar di wilayahnya iyu bukan kali pertama ini terjadi. Beberapa tahun lalu, ular dengan jenis yang sama juga pernah ditemukan oleh warga. Bahkan piton yang ditemukan sebelumnya disebutnya berukuran jauh lebih besar.

Namun, selama ini konflik ular dan manusia tidak pernah menimbulkan korban jiwa. Kondisi lahan yang dekat aliran sungai, dan semak belukar yang rimbun dinilai menjadi pendukung banyak tinggalnya spesies reptil satu itu.

“Tidak pernah sampai ada korban, paling yang dulu-dulu cuma makan ayam warga. Jadi posisinya di kanan dan kirinya sungai, ada di dekat kuburan yang cukup rimbun semak belukar, lembab juga,” sebutnya.

Kompas TV Warga Solo Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan ular jenis piton di saluran air milik warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com