Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi Budaya Amplop, KPK Bekali Jurnalis Pelatihan Monetisasi

Kompas.com - 25/10/2017, 12:58 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Sebanyak 30 jurnalis dari berbagai media di Bengkulu mengikuti pelatihan monetisasi media yang diselenggarakan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Divisi Hubungan Masyarakat, Selasa (24/10/2017).

"Ini merupakan kegiatan yang dilakukan setelah melalui diskusi panjang dengan beberapa rekan-rekan jurnalis di Bengkulu. Bengkulu merupakan wilayah dengan indeks demokrasi kebebasan pers terendah di Indonesia," ujar Divisi Humas, KPK, Priharsa Nugara.

Priharsa menjelaskan, KPK menemukan, wartawan menerima amplop dari narasumber dan honor rutin yang bersumber dari APBD. Kondisi ini, salah satunya disebabkan rendahnya gaji wartawan.

"Selain itu, di Bengkulu juga ketergantungan antara media dengan iklan yang sumbernya dari APBD sangat besar. Kondisi ini menyebabkan media sulit untuk berlaku independen," tambahnya.

(Baca juga : Tantangan Jurnalis Meliput Isu Agama di Indonesia)

Sebagai jalan keluar dari kondisi tersebut, KPK menawarkan pelatihan monetisasi kepada jurnalis dengan basis karya video di Youtube dan blog yang mampu menghasilkan pendapatan tambahan.

Salah seorang pemateri, Lexy Rambadetta, seorang pegiat jurnalisme Youtube memaparkan, perkembangan jurnalisme saat ini tidak berfokus pada satu platform. Jurnalis dituntut untuk menguasai menulis, hingga audio visual yang terkoneksi dengan internet.

"Jurnalis harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi internet untuk tetap memiliki idealismenya. Namun beriringan juga mampu mendapatkan penghasilan tambahan dari internet dan itu bisa dilakukan," tutupnya.

Kompas TV Siapa yang tak kenal sate maranggi? Sate yang dipadukan dengan sambal tomat yang pedas, plus minumnya es kelapa muda dingin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com