Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun dari Tidur Nonstop, Echa Kerap Tak Merespons, Pandangannya Kosong

Kompas.com - 25/10/2017, 08:55 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Siti Raisa Miranda (13) atau yang kerap disapa Echa baru saja membuka matanya setelah tertidur nonstop selama 13 hari, Sabtu (21/10/2017).

Ketika ditemui di kediamannya Jalan Pangeran, Rt 4, Kuin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu, Echa hanya terbaring di kasurnya.

Menurut sang ayah, Mulyadi, putrinya itu diduga mengidap sindrom Putri Tidur atau Sindrome Kleine-Levin. Selama 13 hari tertidur, dia tak bergerak. Hanya nafasnya yang terdengar dan menunjukkan dia masih ada di dunia ini.

(Baca selengkapnya: Cerita di Balik Tidur Nonstop hingga 13 Hari yang Dialami Remaja Echa)

Sementara itu, lanjut Mulyadi, ketika terbangun, pandangan Echa kosong. Bahkan ketika sang ayah mendekatkan jari ke mata Echa secara mendadak, Echa tak merespons dan tak ada kedipan sedikit pun.

Bola matanya juga tidak berpindah pada pandangan awalnya. Melihat kondisi Echa seperti ini, Mulyadi mengaku sedih.

“Sebenarnya saya lebih nyaman melihat dia tidur dibanding kondisinya yang seperti ini. Khawatir dia kesurupan karena pikiran kosong rentan hal seperti itu,” ucap Mulyadi.

(Baca juga : Remaja Ini Tidur Nonstop Selama 13 Hari, Bangun Sebentar lalu Tidur Lagi)

Berbagai upaya dilakukan Mulyadi agar anaknya cepat tersadarkan total dan ceria lagi, salah satunya dengan memberikan sejumlah rangsangan kepada Echa, termasuk memintanya berhitung.

Echa sempat merespons sejenak, namun kemudian kembali pada kondisi yang seolah tak tahu ada orang di sekitarnya. Meski telah bangun dari tidur panjangnya dan matanya terbuka, Echa tak bisa diajak bicara.

Posisi setiap bagian badannya tak berubah kecuali diubah oleh pihak keluarga, misalnya apabila tangan Echa berada di atas perut, maka tangannya akan tetap di sana. Echa tak memindahkan dan tak ada gerakan apa pun meski badannya disentuh.

(Baca juga : Echa Tetap Makan dan Minum meski Tidur Nonstop hingga 13 Hari)

Echa tampak sehat meski bisa dikatakan kurus. Namun aktivitas fisiknya hanya berbaring tanpa gerakan.

Berita ini telah tayang di Tribun Kalteng, Selasa (24/10/2017), dengan judul: Sang Ayah Lebih Nyaman Echa Tertidur Panjang, Alasannya Bikin Sesek di Dada

 

 

Kompas TV . Di Banjarmasin seorang anak mengidap penyakit langka yang membuatnya tidur pulas selama 13 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com