Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelundupan Sabu di Selangkangan Terbongkar di Bandara Adisutjipto

Kompas.com - 21/10/2017, 11:58 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Petugas Keamanan Bandara Adisutjipto Yogyakarta menggagalkan upaya penyelundupan tiga kilogram sabu, Jumat (20/10/2017). Tiga orang diamankan karena menyembunyikan sabu tersebut di selangkangan, yakni WW (29), BS (26) dan MR (21).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan, sekitar pukul 13.16, petugas Aviation Security melihat gelagat mencurigakan dari seorang penumpang di terminal B keberangkatan saat melalui pemeriksaan walk through metal detector (WTMD).

"Dari kecurigaan itu, petugas mengarahkan penumpang untuk melakukan pemeriksaan body scanning," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Sabtu (21/10/2017)

(baca: Diupah Rp 5 Juta, Muntasir Selundupkan Sabu di Selangkangan)

Dari hasil pemeriksaan body scanning, diketahui ada benda yang menempel di tubuh penumpang tepatnya di selangkangan. Setelah dibuka ternyata benda tersebut dibungkus rapi dan saat itu masih diduga sabu.

"Diletakkan di pangkal paha dan dibungkus rapi," ujarnya.

Petugas Aviation Security lantas berkoordinasi dengan POM AU untuk melakukan pengembangan karena petugas mencurigai pelaku tidak seorang diri.

Dari pengamatan rekaman kamera CCTV Bandara diketahui ada dua orang lagi.

"Petugas Aviation Security dan POM AU langsung mencari dua orang yang terlihat di CCTV bersama orang pertama yang berhasil diamankan. Hasilnya petugas menemukan dan mengamankan keduanya," ungkap dia.

Kedua orang tersebut lantas diperiksa body scanning dan memeriksa tas ransel mereka. Hasilnya petugas mendapati bungkusan rapi yang didalamnya berisi diduga Sabu-sabu.

"Dari keduanya ditemukan tiga bungkusan yang sama. Jadi dengan yang dibawa oleh orang pertama ada empat paket yang diamankan dengan berat total 3 kilogram," ucap Agus.

Agus Pandu menyampaikan dari hasil penelusuran diketahui ketiga orang tersebut berangkat dari Pekanbaru ke Yogyakarta. Sesampainya di Yogyakarta, mereka akan terbang ke Balikpapan.

Setelah menangkap ketiga pelaku, PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta lantas berkoordinasi dengan BNNP DIY. Barang bukti dan ketiga pelaku juga diserahkan ke BNNP untuk pengembangan penyelidikan.

"Ini merupakan prestasi yang patut diapresiasi, petugas Bandara dan POM AU berhasil mengagalkan penyelundupan Sabu-sabu," ucap Kabit Pemberantasan BNNP DIY, AKBP Mujiyana.

Mujiyana mengungkapkan dari hasil penyelidikan Ketiga pelaku ini merupakan warga Balikpapan. Mereka mengambil barang berupa sabu dari Pekanbaru dan hendak dibawa ke Balikpapan.

"Jadi ambilnya di Pekanbaru dan akan diedarkan di Balikpapan. Dari pengembangan, Kami masih melakukan pengejaran lagi satu orang perempuan," kata Mujiyana.

Sementara itu, Danlanud Adisutjipto Yogyakarta, Marsma TNI Novyan Samyoga menambahkan pengungkapan ini berkat kejelian, kesigapan, dan kerja sama sekuriti bandara dan POM AU Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

"Ini prestasi karena jumlahnya juga rekor penangkapan yang pernah dilakukan di Bandara Adisutjipto," ucap Novyan.

Kompas TV Badan Narkotika Nasional kamis siang akan memusnahkan 191 Kg narkotika jenis sabu, 43.350 pil ekstasi dan 520 Kg ganja kering.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com