Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Sering Dipakai Tempat Kejahatan, Polisi Kebumen Kumpulkan Pengusaha Penginapan

Kompas.com - 19/10/2017, 17:34 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Kapolres Kebumen Ajun Komisaris Besar Titi Hastuti mengumpulkan para pengusaha hotel, penginapan, tempat kos dan kontrakan se-Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2017).

Hal ini dilakukan untuk menutup potensi kerawanan dari tamu yang memanfaatkan hotel untuk melakukan tindak kriminal.

Kapolres Titi menyebut, potensi kerawanan yang mungkin terjadi di hotel antara lain sebagai tempat melakukan transaksi atau pemakaian narkoba, pesta miras, perselingkuhan, persembunyian pelaku kejahatan, hingga perencanaan aksi teror.

“Potensi kerawanan di Kebumen cukup tinggi mengingat posisi Kebumen yang strategis berada di jalur lintas selatan Jawa,” katanya.

Sebagai contoh, ucap Kapolres, baru-baru ini pelaku pencurian di RS Palang Biru Gombong juga tertangkap tengah bersembunyi di hotel yang berada di wilayah Gombong, Kebumen. Dari manajemen hotel petugas mendapatkan identitas pelaku dan bahan penyelidikan.

“Selain itu, di hotel atau penginapan dan kos sering didapati pasangan selingkuh ataupun pasangan yang statusnya belum menikah,” ujarnya.

Baca juga: Pasangan Selingkuh Digerebek Polisi Dini Hari, Rumahnya Dibakar Warga

Kapolres berharap, dengan kegiatan ini, manajemen hotel dapat ikut berperan aktif dalam menjaga dan mengantisipasi kerawanan tersebut.

“Saya juga meminta kepada manajamen hotel dan penginapan untuk memasang CCTV, catat identitas tamu secara lengkap, baik tamu lokal maupun tamu asing, berikan informasi kepada petugas kepolisian apabila ada gelagat atau aktivitas tamu yang mancurigakan,” tegasnya.

Kompas TV Rencananya di Hotel Alila, Bobby Nasution dan keluarga serta para tamu VIP akan menginap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com