Suraji Sedih 7 Kambing Miliknya Mati Dimangsa Hewan Buas - Kompas.com

Suraji Sedih 7 Kambing Miliknya Mati Dimangsa Hewan Buas

Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono
Kompas.com - 10/09/2017, 21:00 WIB
Tujuh Kambing Milik Suraji diletakkan di Halaman RumahnyaKOMPAS.com/Markus Yuwono Tujuh Kambing Milik Suraji diletakkan di Halaman Rumahnya

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kematian kambing akibat dimangsa hewan buas di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, menyisakan kesedihan bagi sang pemilik.

Salah seorang pemilik ternak di Dusun Danggolo, Suraji menceritakan, kambing miliknya berada di kandang yang berdiri di tengah ladang sekitar 3 kilometer dari rumahnya.

Kandang berukuran 4X6 meter itu didiami delapan ekor kambing dan seekor sapi miliknya. Pagi tadi, Suraji diberitahu tetangganya bahwa kambing sudah mati.

Dia pun lantas mengecek kebenaran informasi tersebut, dan mendapati tujuh ekor kambingnya sudah tergeletak tak bernyawa, sedangkan satu lagi dalam kondisi sekarat.

"Dari delapan kambing, ada tujuh ekor yang dimangsa, satu ekor luka di kaki keadaan sudah lemas. Sapinya malah enggak diserang," katanya, Minggu (10/9/2017).

Baca juga: Serangan Anjing Liar di Gunungkidul, 16 Ekor Kambing Dimangsa

Sebenarnya, upaya pencegahan sudah dilakukannya dengan memasang pagar dari kayu dan bambu. Namun upaya ini gagal membendung serangan hewan liar.

Kambing sebagai tabungan miliknya habis dimangsa hewan liar yang meninggalkan bekas jejak kaki kecil. Anehnya, hewan ternak milik tetangganya yang berada tak jauh dari lokasi tidak dimangsa hewan liar tersebut.

"Sepertinya mereka berjumlah puluhan, dan jejaknya itu kecil-kecil mengarah ke perbukitan," katanya.

Dari pantauan, sebagian besar tubuh kambing masih utuh. Hanya beberapa bagian tubuh yang dimangsa.

Sejumlah luka terlihat di sejumlah bagian tubuh, mulai dari leher, kaki dan juga badan. Anehnya, hewan ternak tersebut hanya kehabisan darah, sedangkan dagingnya masih utuh.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, mengaku belum bisa memastikan hewan pemangsa kambing tersebut.

"Teman-teman juga belum melaporkan sebenarnya itu anjing atau harimau (yang memangsa ternak) juga belum tahu," katanya.

Baca juga: 5 Kambing Dimangsa Anjing Liar, Warga di Gunungkidul Resah

Untuk mengantisipasi serangan susulan, pihaknya meminta warga rutin melakukan ronda dan memasang pagar di sekitar kandang. Selain itu, hewan ternak lebih baik dibawa ke sekitar rumah untuk mengantisipasi serangan.

"Kami akan mengecek ke sana," imbuhnya.

Kepala Desa Purwodadi, Sucipto mengatakan, ada 50-an kambing yang sudah dimangsa hewan liar. Pihaknya meminta masyarakat untuk mengaktifkan ronda mencegah hewan buas memangsa ternak.

Kompas TV Ada kekhawatiran warga, kambing mati mendadak karena virus

PenulisKontributor Yogyakarta, Markus Yuwono
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM