Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekda Jateng: Tidak Ada Demo, Adanya Shalat Bersama

Kompas.com - 06/09/2017, 13:23 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Rencana aksi solidaritas bela Rohingya di Candi Borobudur, Jawa Tengah pada Jumat (8/9/2017) dipastikan tidak akan terjadi. Aksi diganti dengan kegiatan doa bersama di Masjid Annur Magelang.

Demikian hasil rapat koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) Jawa Tengah di kompleks Gubernur Jateng, Rabu (6/9/2017).

"Tidak ada demo, adanya shalat bersama di Masjid An-Nur Magelang," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono seusai rapat tertutup, Rabu siang.

Mengutip hasil rapat, aksi solidaritas tidak akan dilakukan di kawasan Candi. Namun petugas kepolsian tetap akan berjaga untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan.

"Berdasarkan hasil rapat pengurus tidak akan dilakukan di Candi. Ini penting dan perlu disampaikan agar tidak terjadi miskomunikasi dan berbeda," ujar Sri.

Baca juga: Kapolda Jateng: Aksi Solidaritas Rohingya Bisa Digelar di Masjid Agung

Terkait kegiatan di Masjid Annur, nantinya akan dilakukan kegiatan positif mulai dari shalat berjamaah, doa bersama, shalat gaib. Di tempat ibadah, nantinya juga tidak boleh ada orasi. Tempat ibadah harus tetap sebagaimana fungsinya. "Enggak ada, enggak boleh orasi, hanya ibadah saja," katanya.

"Tempat ibadah ya untuk ibadah. Nanti yang menangani takmir masjid, bukan orang luar, bukan yang lain. Doa bersama moga-moga aman," tambahnya.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Sekda Jateng,Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjend Tatang Sulaiman, Ketua MUI Jateng Ahmad Daroji, dan ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jateng Mujahirin Tohir. 

Kompas TV Pengungsi Rohingya Terjebak di Perbatasan Myanmar-Banglades
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com