Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan Landa 25 Desa di Banjarnegara

Kompas.com - 01/09/2017, 14:47 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Risiko Bencana (BPBD) Banjarnegara mendata sedikitnya 25 desa di Kabupaten Purbalingga mengalami kekeringan.

Jumlah tersebut tersebar di sembilan kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Arief Rahman Hakim mengatakan, sembilan kecamatan yang mengalami kekeringan, yakni Kecamatan Susukan (tujuh desa), Mandiraja (lima desa), Purwanegara (empat desa).

Kemudian, Wanadadi (dua desa), Bawang (dua desa), Rakit (dua desa), Madukara (satu desa), Pagedongan (satu desa) dan Purwareja Klampok (satu desa).

"Hingga saat ini, kami sudah mengirimkan lebih dari 72 tangki air bersih untuk wilayah yang mengalami kekeringan. Dropping air masih terus dilakukan sesuai dengan permintaan masyarakat,” kata Arief di Banjarnegara, Jumat (1/9/2017).

Menurut dia, dibandingkan dua tahun lalu, angka tersebut masih lebih rendah. Sebab, berdasarkan data yang ada, jumlah desa kekeringan di Banjarnegara tahun lalu mencapai 52 desa.

Dia juga memprediksi permintaan air akan meningkat, mengingat masa kemarau diprakirakan akan terjadi hingga akhir Oktober 2017.

Sebagai antisipasi, pembuatan sumur bor akan dilakukan. Namun kendala yang dihadapi adalah sumber mata air yang juga ikut mengering saat musim kemarau.

"Ini menjadi evaluasi kami, apa penyebab matinya sumber air di wilayah tersebut, bisa jadi karena hilangnya pohon besar, atau ada penyebab lain. Tahun ini kami juga akan membuat sumur bor di Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com