Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora: Jangan Ada Lagi Suporter-suporter yang Teriak Rasial

Kompas.com - 25/08/2017, 14:44 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan polemik bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2017 sudah selesai. Imam pun meminta warga Indonesia yang menonton pertandingan di Malaysia tidak melakukaan hal-hal yang negatif.

"Jangan ada lagi suporter-suporter teriak rasial, baik itu lagu atau nyanyian yang bisa merusak hubungan kita dengan Malaysia dan negara-negara lain. Suporter Timnas Indonesia harus menjadi contoh yang baik," kata Imam usai membuka Kejurnas Bulutangkis antar perguruan tinggi negeri se Indonesia Rektor UNM Cup 2017 di gedung olahraga Universitas Negeri Makassar, Jumat (25/8/2017).

Imam juga meminta, agar Timnas yang bertarung di Sea Games 2017 tidak terpancing emosi dan tidak terprovokasi oleh lawan.  Sementara untuk pendukung Indonesia harus bisa bersabar.

"Saya melihat semalam masih ada yang kepancing, terakhir masih ada itu. Saya sudah minta kepada seluruh federasi cabang olah raga dari tanah air yang sekarang sedang berjuang di SEA Games untuk mencatat, mengevaluasi sekaligus melihat semua proses yang dianggap tidak jujur, tidak fair play," ucapnya.

Baca juga: Merasa Dicurangi, Atlet Pencak Silat Indonesia Menangis Viral di Medsos

Dari hasil evaluasi itu lanjut Imam, bila masih ada wasit atau juri yang berlaku tidak adil maka Indonesia akan melakukan nota protes resmi. 

"Juri harus sportif dan jujur. Itu yang menjadi keluhan atlit Indonesia sekarang. Kemenangan tidak ada artinya jika pertandingan tercoreng," ujar dia.

Kompas TV Wasit asal Singapura dituding memihak tim Malaysia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com