Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami Bersumpah Akan Jernih Melihat Dunia dan Menghargai Perbedaan"

Kompas.com - 17/08/2017, 12:21 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Upacara peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di halaman Gereja Katolik Santo Yakobus Surabaya, Kamis (17/8/2017) diwarnai pembacaan sumpah. Dalam sumpah mereka berjanji untuk terus menghargai perbedaan dan jernih melihat dunia.

Sumpah dibacakan oleh pembina upacara, Romo Andik, usai membacakan amanat upacara. 3 item sumpah yang dibacakan Romo Andik lantas diikuti oleh semua peserta upacara.

Tiga isi sumpah itu yakni, "Kami Indonesia berjanji, akan selalu menghargai perbedaan demi perdamaian di Indonesia. Kami Indonesia berjanji akan selalu berpandangan jernih di segala hal, demi persatuan Indonesia. Kami Indonesia, berjanji akan selalu melihat harapan di segala tantangan, demi masa depan Indonesia".

Upacara HUT Kemerdekaan RI di gereja tersebut tahun ini digelar dengan mengusung prinsip Persatuan Dalam Perbedaan.

"Di usia yang ke-72, harusnya bangsa Indonesia lebih dalam lagi melihat kebhinekaan, dan menjaganya sebagai nilai aset yang harus dilestarikan," kata Romo Andik.

Dalam sambutannya, dia juga menekankan pentingnya nilai toleransi antar sesama umat beragama serta selalu jernih melihat permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Upacara diikuti puluhan jemaat gereja serta berbagai perwakilan dari kalangan warga Surabaya. Upacara dengan tema dan nuansa yang sama juga digelar digelar bersamaan di Medan, Bandung, dan Palembang. 

Baca juga: Tanpa SBY, Demokrat Gelar Upacara Peringatan HUT RI di Cikeas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com