Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jernih Melihat Dunia: Lawan Kita Bukan Saudara Kita...

Kompas.com - 17/08/2017, 09:51 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Puluhan siswa sekolah dan pengurus Gereja Baptis Pertama Bandung melaksanakan kegiatan upacara peringatan HUT ke-72 RI, di Jalan Wastukancana, Kamis (17/8/2017).

Dalam upacara itu, pihak panitia mengangkat isu toleransi yang belakangan banyak bersinggungan. Hal ini digelar sebagai bentuk eksperiman kerukunan sosial dengan mengkampanyekan 'Jernih Melihat Dunia'.

Upacara tersebut dipimpin oleh Pendeta Isriyanto. Dalam pidatonya Isriyanto memberikan pesan-pesan pentingnya menjaga dan memelihara nilai kebhinekaan.

"Sebagai orang beriman kita perlu bersatu padu berdoa untuk bangsa kita. Mengisi kemerdekaan dengan kerja keras dan kerja cerdas. Mari membangun semangat nasionalisme," kata Isriyanto.

"Kemarin ada kekhawatiran intoleransi ada jiwa yang mengingkari nasionalisme tapi kita harus membangun rasa nasionalisme. Kita harus kembali kepada semangat kebangsaan, semangat nasionalisme," tambah dia.

Baca juga: Jernih Melihat Dunia: Mari Ikuti Upacara Bendera di Halaman Tempat Ibadah

Perbedaan, kata Isriyanto, seharusnya tidak menjadi sekat dan tidak menjadi alasan untuk mencederai nilai persatuan dan kesatuan. Masyarakat harus jernih melihat permasalahan yang tampak jelas di hadapan mata.

"Lawan kita bukan saudara kita, tapi kemiskinan, kebodohan keterbelakangan, narkoba, pornografi yang bisa menghancurkan generasi kita," ucapnya.

Oleh karena itu dia mengajak kepada seluruh instrumen masyarakat khususnya di forum lintas agama untuk sama-sama mengkampanyekan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari kita bersatu dalam kebhinekaan dalam NKRI dan kita bersatu dalam ke-Indonesiaan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com